Kajian Subuh Masjid Al-Furqon: Tata Cara Rasulullah Beribadah

Dakwahpos.com, Bandung – Pada hari Sabtu (02/12/23) Masjid Al-Furqon yang bertempat di Komplek Vijaya Kusuma yang berada di Kel. Cipadung, Kec. Cibiru, Kab Bandung melaksanakan Kajian Subuh yang di isi oleh Ustaz Husnan. Kajian Subuh telah menjadi wadah penting bagi masyarakat untuk menjalin kedekatan dan menambah wawasan bagi masyarakat sekitarnya. Kehadiran bersama dalam kajian ini menciptakan ikatan spiritual yang kuat di antara mereka, mempererat hubungan mereka melalui nilai-nilai agama yang di anut bersama.

 

 

Kajian Subuh memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi secara sosial. Mereka bisa saling berbicara, berbagi pengalaman, dan memperkenalkan diri satu sama lain sebagaimana dalam Surah Al-Hujurat ayat 13: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

 

 

"Kegiatan kajian subuh ini rutin dijalankan setiap seminggu sekali dengan tema yang berbeda-beda oleh DKM Al-Furqon dengan tujuan agar menjalin tali silaturahmi masyarakat sekitar dan juga untuk memperkuat ilmu tentang keagamaan. Adapun tema untuk kajian subuh kali ini ialah tata cara Rasulullah SAW beribadah". Ungkap Ustaz Tendi selaku ketua DKM Al-Furqon Cipadung.

 

 

"Ibadah di dalam Islam tidak hanya wajib, tapi juga ada ibadah sunnah. Ibadah sunnah jumlahnya lebih banyak ketimbang yang wajib. Ibadah sunnah juga banyak macamnya. Ada salat sunnah, puasa, zikir, dan seterusnya. Rasulullah SAW dikenal sebagai sosok yang paling rajin mengerjakan kedua ibadah itu. Tidak ada yang bisa menandingi ibadah beliau, baik dari sisi kuantitas ataupun kualitas. Sebab itu, beliau diangkat sebagai manusia terbaik". Ungkap Ustaz Husnan selaku pengisi kultum.

 

 

Beribadahlah semampunya. Jangan berlebihan. Apalagi sampai merusak diri sendiri. Rasul melarang umatnya berlebihan dalam beribadah. Bahkan, ibadah yang sedikit, apabila dilakukan secara istiqamah, itu lebih baik ketimbang ibadah yang langsung banyak, tapi jarang dilakukan.

 

Mungkin dengan adanya kegiatan kultum subuh ini, masyarakat berharap, kegiatan ini terus berlanjut demi kebaikan para jamaah untuk menambah wawasan bagi warga setempat serta sebagai sarana untuk tetap menghidupkan suasana masjid tersebut.

 

Reporter : Fikrie Azka Maulana,  Mahasiswa KPI/3B

 

Sent from Mail for Windows

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023