DKM Al-Furqon Cipadung adakan Tahsin Al-Qur'an untuk Semua Kalangan

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Al-Furqon yang bertempat di Komplek Vijaya Kusuma yang berada di Kel. Cipadung, Kec. Cibiru, Kab. Bandung menggelar program tahsin Al-Quran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran yang baik dan benar dan juga mengisi waktu luang setelah salat maghrib selesai sampai menjelang azan isya. Tahsin ini dilaksanakan pada rabu (13/12/2023).

Al-Quran adalah kitab suci yang merupakan sumber utama dan pertama ajaran Islam. Ia menjadi petunjuk kehidupan umat manusia yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw. Al-Qur'an adalah salah satu rahmat  yang tak ada taranya bagi alam semesta. Di dalamnya terkumpul wahyu Ilahi yang menjadi petunjuk, pedoman dan pelajaran bagi siapa yang mempercayai serta mengamalkannya.

 

"Oleh karena itu, diadakannya tahsin Al-Quran ini bertujuan untuk mempelajari ilmu tajwid dengan baik dan benar serta menjaga lidah dari kesalahan ketika membaca Al-Quran, Setiap mukmin yang mempercayai Al-Quran, mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kitab sucinya. Di antara kewajiban dan tanggung jawab itu ialah mempelajarinya serta mengajarkannya". Ucap Ustad Tendi.

 

Ilmu tajwid juga bertujuan untuk mendapatkan pengucapan yang tepat bagi Al-Quran sehingga kalamullah yang terkandung di dalamnya tetap terpelihara dari segala cacat, baik segi lafaz maupun maknanya. Pertumbuhan dan perkembangan ilmu tajwid juga tidak dapat dipisahkan dari sejarah turunnya Al-Quran sebagai bukti kerasulan dan mukjizat Nabi Muhammad Saw, yang diturunkannya dengan menggunakan bahasa Arab yang fasih.

 

Semoga program tahsin Al-Quran ini menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperbaiki bacaan Al-Quran. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang Al-Quran, diharapkan bagi masyarakat yang mengikuti tahsin ini dapat mengambil manfaat yang sangat besar untuk lebih baik lagi dalam membaca Al-Quran.

 

Reporter : Fikrie Azka Maulana, Mahasiswa KPI/3B

 

Sent from Mail for Windows

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023