DKM Jami Al-Islamiyah Cilengkrang Adakan Pengajian Rutin : Pentingnya Berbakti kepada Orang Tua

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Jami Al-Islamiyah mengadakan pengajian yang membahas mengenal pentingnya berbakti kepada orang tua. Pengajian ini akan diadakan pada hari Senin (24/10/2023) pukul 08.00 WIB di Masjid Jami Al-Islamiyah yang berlokasi di Jl. Cilengkrang I.

Pengajian ini akan diisi oleh Ustaz Maki yang akan membahas mengenal pentingnya berbakti kepada kedua orang tua dalam Islam. Ustad tersebut memberikan kutipan dari Al-Quran dan Hadis yang berkaitan dengan pentingnya berbakti kepada orang tua. "Berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu kewajiban utama bagi umat Muslim. Sebagai wujud Birrul Walidain, berbakti kepada orang tua merupakan bagian dari etika Islam yang menunjukkan tindakan kebaktian,' ujar Ustaz Maki.

Perilaku hormat dan taat kepada orang tua bisa dilakukan dengan banyak hal seperti membantu meringankan pekerjaan orang tua dengan mencuci piring sendiri, berdo'a belajar dengan rajin agar menjadi anak yang berprestasi, membantu membersihkan rumah, menjaga etika sopan santun baik ucapan, perbuatan dan lain sebagainya. Ketaatan kepada orang tua bagian dari ketaatan kepada Allah. Terlebih-lebih ketaatan kepada ibu memiliki derajat 3 (tiga) kali lebih tinggi dibanding ayah. Sebab, ibu yang mengandung, melahirkan, dan menyusui.

Sebagaimana yang disampaikan oleh ustaz yang dikutip dalam QS. Al-Isra':23 Allah memerintahkan kita untuk berbakti kepada orang tua yang Artinya "Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaknya berbuat baik kepada Ibu Bapak.... Jika salah seorang diantara keduanya, atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."

Menjaga hubungan yang baik dengan kedua orang tua juga dapat membantu seseorang untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup. Kedua orang tua merupakan orang yang paling dekat dengan seseorang dan memberikan kasih sayang yang tulus. Dengan berbakti kepada kedua orang tua, seseorang dapat memperkuat hubungan dengan mereka dan mendapatkan berbagai kebaikan lainnya.

Reporter : Fathin Intania Putri Setiawan (KPI/3B)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023