Masjid Daarussalam Panyileukan Adakan Kajian Rutin Malam Rabu bahas "Tafsir Qs. Al-Baqarah : 185"

Dakwahpos.com, Bandung - DKM Daarussalam PC Persis Panyileukan yang beralamat di Jalan Terusan Panyileukan, kota Bandung menyelenggarakan kegiatan pengajian rutin malam rabu (26/9/2023) yang diisi oleh ustadz Ahmad Gunawan, dengan membawakan tema "Tafsir Qs. Al-Baqarah : 185"

Kajian tafsir ini diawali dengan pembacaan ayat 185 surat Al-Baqoroh yang dipimpin langsung oleh ustadz Ahmad Gunawan. dilanjutkan dengan penyampaian tafsir perkata dan penjelasan mengenai tafsir surat Al-Baqarah ayat 185.

"Yang pertama, Ayat ini menjelaskan berkaitan dengan bulan Ramadhan yang didalamnya Al-Qur'an turun. Kedua, Allah memberikan rukhsah (keringanan) menyangkut boleh berbuka saat sakit ataupun saat bepergian dengan catatan wajib mengganti sejumlah yang ia tidak puasa pada saat ramadhan. Ketiga, ayat ini juga menjelaskan bahwa Allah menghendaki kemudahan dan tidak menghendaki kesusahan untuk kita. Keempat, yaitu bersyukur." ujar ustadz Ahmad Gunawan.

Ustadz Ahmad Gunawan menyebutkan bahwa dalam ayat 185 surat Al-Baqarah setidaknya ada 4 tema pembahasan yang akan disampaikan, dan pada pertemuan kali ini, beliau memfokuskan pada satu pembahasan saja yaitu pembahasan mengenai bulan Ramadhan yang didalamnya Al-Qur'an diturunkan.

Di Dalam pembahasan mengenai bulan Ramadhan, Ustadz Ahmad menjelaskan bahwa bulan Ramadhan sering juga disebut sebagai syahrul adzimun (bulan yang agung) juga syahrul mubarok (bulan yang penuh berkah) karna dalam bulan Ramadhan ini memiliki keutamaan dan keistimewaan yang besar. Semua amal Soleh yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan mendapatkan balasan lebih banyak dan lebih baik. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan dan meninggalkan kemaksiatan.

Kajian ini pun ditutup dengan doa kafaratul majlis dan dilanjutkan dengan sholat isya secara berjamaah.

Reporter : Muhammad Rizieq Arrijal, KPI/3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023