Pengajaran TPQ Ar-Risalah Baleendah Tingkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Quran Anak-Anak

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Jami' Ar-Risalah  yang berlokasi di Komplek Wartawan, Baleendah, Kec. Baleendah, Kabupaten Bandung menyelenggarakan pengajian anak-anak dengan belajar tajwid dan menghafal Al-Qur'an surah An-Naba ayat 1-5 pada hari Sabtu (29/09/2023), pengajian ini rutin dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu ba'da Magrib.

Kegiatan belajar mengajar sudah berlangsung dari tahun 2020. Dalam Upaya meningkatkan minat baca Al-Qur'an, Masjid Jami' Ar-Risalah melakukan kegiatan mengaji Bersama. Pada kali ini, anak-anak belajar tajwid dan menghafal ayat Al-Qur'an surah An-Naba ayat 1-5  dan menyetorkan hafalan kepada guru pembimbing.

Guru pembimbing pengajian mengatakan bahwa kegiatan mengaji Bersama ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca kepada anak-anak, mengetahui hukum bacaan dan diharapkan anak-anak mampu memaknai bacaan Al-Qur'an.

"Kalau kita sih ga muluk-muluk yang penting sudah hafal 1 juz, jadi menghafal Al-Qur'an aja. Pengennya kita mengajarkan adab juga tapi adab disini juga didik tapi tetep hasil akhirnya juga tergantung orang tua, kita disini hanya memberi materi teori tapi kalau masalah akhlak tergantung orangtuanya", ujar Ustaz Syarief Buldansyah.

Ustaz Syarief  Buldansyah berharap, dengan menciptakan ruang positif dalam pendampingan belajar anak-anak mampu memicu interaksi, kreativitas dan kolaborasi anak-anak. Butuh sinergi antara orang tua dan guru agar cita-cita kita menjadikan anak didik yang paham Al-Qur'an sedari dini ini akan berhasil dan membutuhkan dukungan dan kerja sama.

Kegiatan mengaji Bersama dimulai pukul 18.15 WIB sampai dengan 19.00 WIB di ruangan atas masjid, dengan guru bimbingan studi Agama Islam, kegiatan di awali dengan doa bersama, kemudian membaca 5 ayat, dilanjutkan dengan penjelasan arti ayat yang dibaca dan tanya jawab, pada sesi terakhir anak-anak kembali membaca ayat dan terakhir ditutup dengan membaca doa penutup majelis.

Reporter: Husna Oktavia. KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023