DKM Jami Al-Fattah Laksanakan Salat Jumat Dengan Tema Khotbah 6 Aspek Keteladanan Rasulullah Muhammad SAW.



Dakwahpos.com, Bandung – DKM Jami Al-Fattah yang terletak di Jln. Cibiru Indah V, Desa Cibiru Wetan, RT 04 / RW 14, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung melaksanakan salat Jumat secara berjamaah pada Jumat, (22/09/2023). Pada Jumat kali ini yang bertindak sebagai khotib sekaligus imam yakni Ustaz Jamaludin, S.Hum. yang biasa disebut dengan Ustaz Jajang. Karena pada hari Jum'at kali ini sudah memasuki bulan rabi'ul awal, yakni bulan kelahiran baginda Rasulullah Muhammad SAW. beliau membawakan tema khotbah "6 Aspek Keteladanan Rasulullah Muhammad SAW."

Di awal khotbah nya, beliau mengajak kepada diri nya dan juga para jamaah yang hadir untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. maka dengan salah satu caranya adalah bersungguh-sungguh meneladani akhlak baginda Muhammad SAW. Dalam semua aspek kehidupan karena dengan cara kita bertakwa kepada Allah SWT. berarti kita mencintai Rasulullah SAW. dengan melaksanakan segala apa yang di perintahkan dan juga apa yang dilarang Allah SWT.

"Di bulan rabi'ul awal ini, sering kali di Indonesia biasanya begitu banyak kalangan yang merayakan hari lahirnya Rasulullah SAW. yang biasa kita sebut dengan maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan maulid berarti memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW. dan dijadikan suri tauladan dalam berbagai aspek kehidupan, maka penting bagi kita semua selalu mengingat berkaitan akhlak dan teladan Nabi Muhammad SAW," ungkap Ustaz Jamaludin, S.Hum. selaku khotib.

Khotib juga menyampaikan bahwa Rasulullah SAW. merupakan manusia yang paling baik budi pekertinya, bahkan di dalam buku nya Michael H. Hart yang berjudul 100 tokoh yang paling berpengaruh di dunia, Rasulullah SAW. mendapati peringkat ke-1 di dunia saking paling baik budi pekerti serta akhlak nya beliau dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam khobah nya pun beliau mengungkapkan, setidaknya ada 6 aspek keteladanan Rasulullah SAW. yang konkrit yang perlu kita teladani, 
diantaranya:
1. Berbudi pekerti luhur, yang akhlaknya adalah Al-Quran.
2. Murah senyum, lemah lembut.
3. Hidup sederhana, dengan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan di rumahnya.
4. Suka menolong sesama, penuh kasih sayang terhadap ummatnya.
5. Penuh perhatian dan kepedulian sosial.
6.Mengajarkan kedamaian, tidak anarkis, karena Islam itu rahmatan lil 'alamiin.

Di akhir khotbah nya, beliau mengajak dan mengingatkan kepada para jama'ah karena sudah memasuki bulan rabi'ul awal ini, mari kita sama-sama meneladani akhlak Rasulullah SAW. dan menjalankan apa yang diperintahkan, sehingga dengan hal itu ketakwaan kita meningkat, dan disempurnakan dengan mencintai beliau, agar kita termasuk ummat nya Rasulullah Muhammad SAW.

Reporter, Mahasiswa Jurusan KPI UIN SGD Bandung
Nandang Fathurrohman / KPI 3C


Virus-free.www.avast.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023