Masjid Ainul Yaqin Adakan Agenda Mingguan Anak Belajar Ilmu Akhlak

Dakwahpos.Com, BANDUNG - Dewan Kemakmuran Masjid ( DKM ) Ainul Yaqin mengadakan kegiatan mingguan untuk anak-anak pada Jumat (22/09/2023). Kegiatan rutin ini biasa dihadiri oleh 19 orang anak yang merupakan 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Kegiatan ini sudah berlangsung selama 2 bulan di Masjid Ainul Yaqin, Kecamatan Katapang, Kota Bandung. Masjid Ainul Yaqin ini berada di lingkungan pesantren bernama Ainul Yaqin yang merupakan sekolah untuk anak SMP dan SMA. 


Pada kesempatan itu, DKM masjid tidak selalu mengisi kegiatan tersebut secara langsung. Namun juga diisi bergantian dengan guru-guru yang ada disekitar masjid tersebut. "Akhlak adalah sesuatu yang melekat dalam diri, yang melahirkan perbuatan-perbuatan yang mudah, tanpa melalui proses pemikiran, pertimbangan atau penelitian. Akhlak itu respon yang terjadi secara spontan dari dalam diri. " Ungkap salah satu guru yang mengajar. 


"Saat ini akhlak yang ada dilingkungan masyarakat sangatlah sedikit. Jumlah orang yang mempelajari akhlak lebih sedikit dibanding orang yang berkunjung ke pasar malam. Padahal sudah jelas tertera bahwa ilmu agama itu wajib untuk dipelajari. Namun dari tahun ke tahun, minat seseorang untuk mengikuti majelis ta'lim sangat berkurang. " Ungkap ketua DKM. 


Ungkapan itu sangat benar kenyataannya, sehingga saat ini ketua DKM mengadakan kegiatan rutinan sebagai bekal dan batasan bagi generasi muda untuk selalu menjaga diri dari perbuatan dan pergaulan yang tidak sesuai dengan syari'at islam. Perlu kita ketahui bahwa penerapan akhlak dalam kehidupan sehari-hari ini sangatlah penting karena dampak dari perilaku akhlak adalah untuk kedamaian dan kesejahteraan hidup, memberikan kesejahteraan, membentuk kerjasama, memiliki kepercayaan dan membuat kita menjadi rendah hati dihadapan Allah SWT. 


Maka dari itu untuk lebih melekatkan keseharian anak dengan hal-hal yang positif, maka dibangunlah pesantren bernama Ainul Yaqin untuk menampung segala kegiatan produktif anak selama masa-masa pendidikannya.


Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Siti Nabilatul Zahro Salsabila / KPI 3D



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023