Perpustakaan Masjid Salman ITB Gelar Roompi Buku

Dakwahpos.com, Bandung - Perpustakaan Masjid Salman ITB yaitu Salman Reading Corner menggadakan program Roompi Buku. Kegiatan yang bertujuan sebagai media berbagi perspektif dan pengetahuan seputar buku yang dibaca serta mempererat hubungan antar anggota Kawanpustaka Salman ini digelar pada Sabtu, (2/12/2023) di Gedung Kayu Lt. 1 Kompleks Masjid Salman ITB pukul 09.00-11.30 WIB. 

Kegiatan literasi Salman Reading Corner ini memiliki discussion rules. Pertama, peserta membawa buku yang ingin didiskusikan (cetak maupun e-book). Kedua, Peserta memperkenalkan diri terlebih dahulu dengan format: nama, asal kampus dan jurusan kuliah/instansi bekerja dan hobi. Ketiga, setiap peserta diberikan waktu 15 menit untuk menceritakan isi buku dan dilanjutkan dengan sesi diskusi. Keempat, peserta diharapkan berdiskusi dengan sopan dan menghormati pendapat satu sama lain. Salah satu Kawanpustaka Salman menjelaskan kesannya selama mengikuti diskusi Roompi Buku. 

"Program Roompi Buku tentunya sangat asik dan insightfull, di samping review isi buku, partisipan juga diberi ruang bebas untuk mengemukakan, membantah bahkan menyuarakan argumen mengenai persoalan terkait yang berhubungan dengan isi bacaan. Sehingga diskusi terasa lebih mengalir apa adanya. Ditambah partisipan berasal dari berbagai latar belakang usia serta background pendidikan jurusan yang berbeda-beda, tentunya hal ini menambah warna diskusi atas adanya keberagaman pola pikir," ucap Hasna Zahra, Kawanpustaka Salman. 

Terdapat berbagai jenis genre buku yang didiskusikan. Di antaranya yaitu buku self improvement yang berjudul Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa karya Alvi Syahrin, Awe-Inspiring Me by Dewi Nur Aisyah, buku sejarah yang bertajuk Roehana Koeddoes Pejuang Wanita dari Kotagadang, buku fiksi karya Tere Liye yang berjudul Janji, dan masih banyak lagi. Sukmawati berharap program Roompi Buku ini bisa diikuti oleh lebih banyak partisipan. 

"Semoga acaranya makin meriah lagi, makin banyak yang ikutan. Dan tidak hanya diikuti oleh kawanpusataka atau anggota Salman Reading Corner, tapi buat umum pun tertarik buat gabung. Semoga bisa istiqomah, berkegiatan di Roompi Buku ini. Makin banyak orang yang mendapatkan manfaat, sekaligus mendapatkan temen baru juga dari Roompi buku," pungkas Sukmawati, admin Perpustakaan Masjid Salman ITB. 

Reporter: Ifah Latifah, Mahasiswi KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023