Ustaz Mukin, Tantangan Berdakwah Menghadapi Dinamika Masyarakat Perkotaan

Dakwahpos.com, Bandung - Ketua DKM Al-Aqso, Ustaz Mukin mengungkap adanya tantangan tersendiri ketika dihadapkan pada berbagai problematika pada era kontemporer ini yang tidak terlepas dari adanya perkembangan masyarakat yang semakin maju serta cenderung materialistik dan individualistik.

"Dakwah pada era sekarang bukan hanya bersifat rutinitas, temporal, dan instan, melainkan dakwah yang membutuhkan paradigma keilmuan," tukas Ustaz Mukin.

Menghadapi masyarakat yang semakin kritis dan tantangan dunia global yang semakin kompleks, maka diperlukan pendakwah yang dapat bersaing di bursa informasi yang semakin kompetitif, serta mengintegrasikan wawasan etika, estetika, logika, dan budaya dalam berbabagi perencanaan dakwah baik secara internal umat maupun secara eksternal.

Mengingat dakwah merupakan manifestasi dari kesadaran spiritual dalam bentuk ihtiar muslim untuk mewujudnyatakan ajaran-ajaran Islam, maka diperlukan pemahaman yang tuntas dan komprehensif mengenai dakwah itu sendiri sehingga efektifitas dakwah dapat diukur melalui tingkat keberhasilan dakwah dalam mencapai tingkat yang  sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, yaitu terbentuknya kondisi yang Islami.

Reporter: Aqiella Rahma Kamila KPI3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023