Robi Munawarudin, Mahasiswa yang Mengabdikan Diri Mengajar di Masjid


Dakwahpos.com, Bandung - Robi Munawarudin merupakan seorang mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI). Robi (21) besar di Garut, dan sebelumnya juga menuntut ilmu di salah satu pondok pesantren yang berada di daerah Garut, yaitu Pondok Pesantren Al Mustofa Garut. Dari sana jugalah awal mula motivasi Robi mau menjadi pengajar serta penjaga masjid di tengah kesibukannya sebagai seorang mahasiswa.

Motivasi dan dorongan itulah yang menjadikan Robi datang dari guru Robi sewaktu mondok di pesantren  Al Mustofa, yang pada saat itu berpesan pada Robi agar tidak meninggalkan ilmu yang sudah ia dapat  selama belajar di pondok pesantren, salah satunya mengabdikan diri pada masysarakat.
Saya sebelum kuliah, saya minta izin dulu kepada kiai saya di pondok, saya minta izin buat kuliah, beliau mengizinkan saya untuk kuliah, namun ada syarat, syaratnya saya harus tetap menjaga hafalan saya dan harus bisa tetap mengabdi kepada agama dan masyarakat, beliau menyarankan saya supaya mencari masjid dan tinggal di masjid," ujar Robi yang di wawancarai pada Senin, (20/11/2023).

Walaupun dengan berbagai kesibukan Robi sebagai seorang mahasiswa, tidak menyurutkan semangat Robi untuk selalu optimis dan selalu berfikir positif dalam menjalankan tugas-tugasnya. Semangat dari anak-anak didik Robi jugalah yang membuat dia bertahan selama ini.

"Banyak hal yang bisa saya dapat dari hal ini, mulai dari kita bisa berbagi cerita dengan adik-adik kecil di mesjid, berbagi sedikit ilmu kepada mereka, dan garis senyum yang terpancar dari wajah mereka, sudah lebih dari cukup untuk mengkbati lelah saya ditengah-tengah kesibukan saya," tandas Robi.

Semangat Robi juga tidak lepas dari mengharapkan keridhoan dari Allah Swt. Meskipun dapat dikatakan cukup melelahkan, menjaga masjid dan mengajar ditengah kesibukan kuliah, namun ia berharap berkah dari lelah yang lillah ini.

Selama Robi menetap di Bandung sebagai seorang mahasiswa, Robi sudah perna menjadi pengajar serta penjaga di dua masjid berbeda yaitu Masjid Darussholihin dan Masjid Al Hudhorie Cibiru.

Reporter Farhan Fadhlur Rohman KPI 3 A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023