Berawal dari Sebidang Rumah Sederhana Kini Menjadi Masjid Ar-Risalah Yang Penuh Cita dan Harapan

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Jami Ar-Risalah ini beralamatkan di Komplek Wartawan, Baleendah, berdiri tahun 1981, masjid ini berawal dari satu rumah yang mewakafkan, dahulu sekitar tahun 1979 belum ada masjid di komplek ini maka dari itu masyarakat mencari rumah untuk di kredit dan diwakafkan lalu kini menjadi swadaya punya masyarakat. berdiri atas kesepakatan masyarakat komplek agar bangunan menetap disini agar tidak pindah pindah bangunan.

Ketika awal pertama bangunan ini adalah rumah biasa lalu diwakafkan oleh seseorang dan setelah jalan yang panjang, kini bangunan nya itu swadaya patungan bersama antara masyarakat masjid, lalu oleh masyarakat dibangun perlahan-lahan dengan bersama, dan luas seluruh besar masjid ini sekitar 400 M kurang lebih.

"Tahun 1980-an hingga sekarang sangat panjang perjalanan nya sehingga menciptakan masjid seperti ini, kenyamanan masjid nomor satu bagi masyarakat komplek, masjid berdiri 40 tahun lebih dari satu rumah hingga 2 rumah, jamaah yang banyak salat subuh hanya di masjid ini 70 hingga 80 lebih jamaah yang selalu salat subuh di masjid ini", Ujar Ustaz Dindin.

Di masjid ini diadakan pergantian pengurus DKM 3 tahun sekali pemilihan DKM Ar-Risalah, terbentuknya organisasi ini sudah berjalan sejak tahun 1981 dan sudah berjalan sekitar 40 tahun, sejak dahulu hingga saat ini ada 8 orang DKM yang menjabat, masa jabatan paling lama adalah masa jabatan Alm. Ustaz Dahlan Idris, dan DKM yang menjabat saat ini adalah ustaz Wawan Kurniawan.

Kegiatan di masjid yang selalu dilaksanakan kajian rutin ahad bada subuh, tabligh akbar, membaca Al-Quran bersama, Iedul Adha, Zakat Fitrah, bakti sosial di bulan ramadhan, pengajian ibu ibu setiap rabu pagi, beasiswa ke anak yatim 3 bulan sekali dari SD hingga SMA kurang lebih 10 orang anak yatim, kajian anak-anak ba'da magrib dan pemuda remaja malam minggu tadarus atau kegiatan lain nya.

Reporter: Husna Oktavia. KPI/3B.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023