Pengajian Ibu-ibu DKM Al-Manar Pasirbiru Adakan Pembacaan Syair Nadhom Penjelas dari Al-Qur'an sebagai Ilmu Pengetahuan

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Al-Manar Pasirbiru Jl. A.H Nasution Gudang Sikat RT. 01 RW. 02, Kel. Pasirbiru, Kec. Cibiru, Kota Bandung mengadakan pengajian khusus ibu-ibu setelah zuhur sampai asar pada Ahad, (29/10/2023). Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap pekannya yakni pada hari Ahad.

"Penyelenggarakan pengajian khusus ibu-ibu ini merupakan agenda dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Manar Pasirbiru. Dan program ini pun rutin dihadiri dan terus dilestarikan oleh masyarakatnya," ujar Ketua DKM.

Al-Qur'an menurut bahasa berarti bacaan atau yang dibaca. Menurut istilah, Al-Qur'an adalah wahyu Allah Swt.  yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. melalui malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Islam adalah hidayah Allah Swt.  dan kitab suci Al-Qur,an adalah sumber utama ajaran Islam yang dianut oleh hampir seperempat penduduk dunia hari ini. Tidak ada satu buku dan kitab yang paling banyak dibaca dan dihafal di seluruh dunia serta dikaji dari berbagai perspektif keilmuwan melebihi Al-Qur'an.

Dalam menjalankan suatu kegiatan atau yang lainnya maka perlu adanya ilmu agar semuanya tersusun dengan rapi dan tidak kacau. Begitu juga kehidupan perlu adanya suatu ilmu agar hidup ini menjadi damai, tentram, dan teratur. Maka Ilmu yang di sajikan oleh Allah Swt. untuk kehidupan ini adalah kitab suci Al-Qur'an.

Ada satu syair nadhom ditulis oleh Sayyid Nuruddin Ali bin Muhammad bin Ali bin Abdurrohman bin Iroq al-Kinàni, yang populer dengan panggilan Ibn Iroq Al- Kinàni, yang lahir pada tahun 907 H. yang menjelaskan Al-Qur'an sebagai ilmu pengetahuan dalam mukhtarol Hadist:

كَــلاَ مٌ قَدِ يمٌ لاَ يُمَلُّ سَمَــا عُـــهُ

تَنَــزَّهَ عَن قَو لٍ وَفِعلٍ وَنِيَّــــةٍ

بِهِ اَشتـَفِى مِن كُلِّ دَا ءٍ وَنُو رُهُ

دَ لِيــلٌ لِقَلبِي عِندَ جَهــلِى وَحَيرَ تِى

  فَيَـا رَبِّ مَتِّعــنِي بِسِرِّ حُرُفِهِ

وَنَوِّر بِهِ قَلبِي وَسَمعِــى وَمُقلَــتِى

Bait pertama: Al-Qur'an adalah kalamullah yang qadim dan tidak akan pernah bosan untuk di dengar, bahkan hampir seluruh dunia menghafalnya, membacanya berulang kali meskipun bukan bahasa asli mereka.

Bait kedua: Al-Qur'an itu disucikan tidak ada ucapan perbuatan dan kehendak yang buruk di dalamnya, akan tetapi isi dari alquran mencakup keseluruhan rahasia dilangit dan bumi

Bait ketiga dan keempat: Al-Qur'an merupakan sebuah obat terlebih obat untuk menerangkan hati dan juga sebagai penenang bagi jiwa dan raga

Bait kelima dan keenam: Kita sebagai manusia yang kotor akan dosa dianjurkan untuk meminta anugrah atau pun syafaat dari alquran, karena alquran merupakan cahaya bagi rohani dan jasmani

"Maka dengan syair di atas dapat ditarik satu benang merah yaitu, selain Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam, Al-Qur'an juga dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi umat muslim maupun yang non muslim dan obat penenang hati dan jiwa bagi pembacanya," pungkas Ustaz Ahmad.

Reporter: Fauziah Salma Khoirunnisa KPI 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023