Mesjid jami' ash-sholihat cimencrang, Mesjid yang sempat tergusur akibat pembangunan mesjid lain.

Dakwahpos.com, Bandung - Mesjid yang dibangun sejak tahun 1967 ini ternyata merupakan mesjid yang dahulu nya mesjid satu satunya yang berdiri di antara beberapa daerah tersebut, yakni di kawasan Cimencrang Gedebage Bandung.

Menurut informasi dari pengurus mesjid tersebut, mesjid ini sudah melalui tiga generasi. kepengurusan mesjid ini pun sekarang masih belum di susun kembali dikarenakan DKM yang sebelumnya meninggal dunia, dan belum di pilih kembali siapa DKM selanjutnya.

"Sebenarnya mesjid ini belum tersusun kembali rangkaian kepengurusan nya dan DKM yang baru pun belum terpilih kembali dikarenakan kesibukan warga sekitar untuk menentukan siapa pengganti beliau, namun mungkin saya disini hanya menggantikan sementara untuk mengurus mesjid ini, bukan sebagai DKM yang sah", ujar pak Jajang 

Mesjid ini merupakan hadiah berupa wakaf dari seorang yang bernama H. Wahab Sugandi (alm) yang kemudian di dorong juga oleh pemimpin dari pondok pesantren Al jawami' Cileunyi. Dan hingga saat ini pun makam tempat H. Wahab Sugandi (alm) dikebumikan ada di sebelah mesjid jami' ash-sholihat ini bersampingan bersama sang istri beliau.

Mesjid jami' ash-sholihat cimencrang ini dahulu nya terletak di depan jalan agak ke barat, namun karena ada pembangunan mesjid terbaru dari pemerintah provinsi yang bisa disebut sebagai simbolis dari provinsi jadi Mesjid Jami' Ash-sholihat ini tergusur Karena tempat yang dahulu nya mesjid itu akan dijadikan taman kecamatan dan juga sebagai space agar jalan menjadi lebih lebar.

Maka dengan adanya penggusuran tersebut, mesjid ini pindah dan dibangun kembali namun tidak jauh dari tempat semula hanya beberapa KM saja. namun, meskipun mesjid lain telah dibangun, mesjid ini tidak pernah sepi dari jamaah, mau itu jamaah salat Jum'at ataupun jamaah pengajian ibu ibu.

Reporter : Fatwa Siti Nurbayinah // KPI 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023