Mengenal Mak Enok Seorang Penasehat Sekaligus Ketua Majelis Talim Muslimah

Dakwahpos.com-Bandung, (10/11/2013). Hj. Enok Nurhayati atau yang akrab dipanggil mak Enok lahir di Tasikmalaya tahun 1959. Beliau adalah penasehat sekaligus ketua majelis ta'lim di Masjid Besar Ujung Berung. Mak Enok menjabat dari tahun 2004-sekarang belum tergantikan, karena kepercayaan Masyarakat sekitar serta para pengurus DKM. Sekarang beliau tinggal di kampung Paledang Ujung Berung. Mak Enok adalah seorang guru yang berdedikasi untuk mengajarkan agama Islam kepada ibu-ibu di lingkungannya. Walaupun beliau sudah pernah berangkat ke tanah suci dan melaksanakan ibadah haji, beliau tidak mau dipanggil bu hj dan tetap menyarankan kepada semua orang agar memanggilnya mak Enok saja, yang sudah biasa menjadi nama panggilannya sejak lama. "Panggil Mak enok saja" ujar beliau.

Beliau tumbuh dalam keluarga yang sangat taat beragama. Sejak kecil, mak Enok telah menunjukkan minat yang besar dalam memahami dan mengajarkan ajaran agama Islam. Dan bersekolah juga di salah satu pesantren di Tasikmalaya. Namun hanya sampai Tsanawiyah dan saat berumur 16 tahun sudah menikah. " ya Namanya juga orang jaman dulu, umur segitu banyak yang sudah menikah" ungkap beliau.

Dengan penuh kesabaran dan kasih sayang, Bu Enok mengajar ibu-ibu dengan berbagai tingkatan pengetahuan agama, mulai dari dasar hingga yang lebih mendalam. Ia tidak hanya mengajarkan teks agama, tetapi juga tauhid, fiqih serta nilai-nilai moral dan etika Islam yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ia berusaha menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung, di mana para ibu dapat belajar dan bertanya tanpa rasa takut.

Motivasi mak Enok adalah Nafiun lighoirihi yaitu bermanfaat bagi orang lain, dan mengungkap bahwa waktu itu adalah ibadah. Selama bertahun-tahun, mak Enok telah menjadi sosok yang sangat dihormati di komunitasnya. Ia telah membantu banyak ibu-ibu untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang agama Islam dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna. Mak Enok adalah contoh nyata dari seorang guru yang peduli dan berkomitmen dalam penyebaran ilmu agama, serta menjadi inspirasi bagi banyak orang di sekitarnya.

Reporter, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung, Mutiara Aulia Nurrahma/KPI-3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023