Masjid Al-Muhajirin Palasari, Sebagai Yayasan Islam yang Bermanfaat bagi Masyarakat Luas

Dakwahpos.com, Bandung – Di Kota bandung, terdapat salah satu Masjid jami' yang terletak di Jl. Manglayang, RT.05/RW.08, Palasari, Kec. Cibiru, Kota Bandung. Masjid ini dibangun sekitar tahun 2000, dan telah mengalami renovasi secara bertahap.

"Masjid ini pertama kali dibangun hanya satu lantai, dan juga hanya berupa masjid sederhana yang hanya cukup memuat sedikit jemaah. Renovasi pertamanya dilakukan sekitar tahun 2006, pada saat itu Masjid ini dibuat menjadi 2 lantai," ujar Pak Mawardi, wakil bendahara DKM Al-Muhajirin.

Dan seiring berjalannya waktu, di Masjid Al-Muhajirin dilakukan pula perluasan sehingga Masjid bisa menampung lebih banyak jemaah, serta ditingkatkan pula fasilitas-fasilitas dan furnitur di Masjid ini, sehingga terciptalah Masjid yang luas dan nyaman.

Masjid Al-Muhajirin bukan hanya sekedar masjid yang digunakan untuk pelaksanaan salat saja, namun didalamnya terdapat berbagai program dan yayasan pendidikan yang terlaksana. Diantaranya yaitu pengajian umum bakda Subuh setiap Sabtu, pengajian Ibu-ibu bakda Zuhur setiap Rabu, pengajian Ibu-ibu bakda Ashar setiap Sabtu, Pengajian Anak-anak bakda Magrib hari Senin-Jumat, Kultum bakda salat Magrib dan Subuh, TKA/TPA dan DTA, tablig akbar dan lain sebagainya.

Di Masjid Al-Muhajirin ini juga tak luput dari kegiatan tahunan seperti pelaksanaan untuk memperingati Maulid Nabi, tahun baru Hijriyah, Isra' Mi'raj, Salat Idul Fitri dan Idul Adha, Zakat, dan lain sebagainya.

Tak hanya bagi masyarakat setempat, program yang dihadirkan oleh Masjid Al-Muhajirin ini terbuka untuk umum. Sebagai contoh, pada pengajian Ibu-ibu disana sering dihadiri oleh masyarakat kampung lain, serta murid DTA-pun ada yang berasal dari daerah yang berbeda.

Begitulah beberapa keistimewaan yang terdapat pada Masjid Al-Muhajirin yang memiliki peluang positif bagi masyarakat luas, baik dari sisi pendidikan maupun peribadatan.

Penulis : Ihsan Kamil Rahmatilah, Mahasiswa KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023