Khotbah Jumat Ustaz Aceng: Mengapa Kita Harus Beribadah kepada Allah Swt?

Dakwahpos.com, Bandung - Ustaz Aceng Surana menjelaskan tentang mengapa kita harus beribadah kepada Allah Swt. pada khotbah yng diselenggarakan pada Jumat, (17/11/2023) di Masjid Al-Maghfiroh Cipadung.

"Ibadah merupakan bentuk penghambaan kita kepada Allah Swt. Dalam ibadah, kita menunjukkan rasa syukur dan ketaatan kita kepada-Nya. Ibadah juga merupakan cara kita untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada-Nya. Sebagaimana disebutkan dalam QS. Al-Ankabut ayat 45, Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar," ujar ustaz Aceng Surana.

Sebagai umat muslim kita memang diwajibkan bahkan bukan diwajibkan lagi tetapi sudah menjadi hal yang mutlak untuk kita beribadah kepada Allah Swt, sebagaimana Allah Swt. menjelaskan dalam Al-Qur'an surat Adz-Dzariyaat ayat 56 :
 وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

"Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku."
 
Menurut pakar tafsir sahabat Ibnu Abas: Makna liya'buduni  menyembah-Ku artinya liyuwahhiduni (agar jin dan manusia mentauhidkan Aku). Menomorsatukan kepentingan Allah diatas berbagai kepentingan yang lain. Kita pentingkan Dia sedemikian rupa, dan kita siap lahir dan batin didominasi oleh kepentingan tersebut.

"Dalam menjalankan ibadah, kita harus memiliki niat yang tulus dan ikhlas. Seperti yang disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari, Sesungguhnya setiap amal itu tergantung pada niatnya. Oleh karena itu, kita harus selalu memperbaiki niat kita dalam beribadah," ujar Ustaz Aceng Surana.

Untuk itu janganlah ibadah kita kepada Allah Swt. itu menjadi beban dan menjadikannya suatu hal yang rumit, karena pada hakikatnya kita sebagai manusia adalah milik sang pencipta yaitu Allah Swt. untuk itu kita harus beribadah kepadanya sebagai bentuk rasa Syukur dan ketaatan kita kepada Allah Swt.

Reporter: Bakti Ridwan Nur KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023