Khotbah Jumat Masjid Jami Al-Barokah, Ustaz Budi : 5 Fase Kehidupan Manusia

Dakwahpos.Com, Bandung – Masjid Jami Al-Barokah Rancaekek mengadakan Salat Jumat  yang dipimpin oleh Ustaz Budi pada Jumat, (27/10/2023).

 

Dalam khotbahnya, Ustaz Budi menjelaskan bahwa manusia melewati lima fase yang berbeda dalam kehidupanya, yaitu alam ruh, alam rahim, alam dunia, alam kubur, dan alam akhirat. Dalam alam ruh, manusia baru diciptakan jiwanya saja oleh Allah sebelum akhirnya diberikan wujud fisiknya.

 

"Alam ruh adalah fase pertama dalam perjalanan hidup manusia. Alam ini adalah saat jiwa manusia diciptakan oleh Allah, jauh sebelum ia lahir ke dunia ini." ujar Ustaz Budi.

 

Selanjutnya, Ustaz Budi menjelaskan bahwa alam rahim adalah tahap kedua dalam perjalanan hidup manusia. Ini adalah saat di mana manusia berada dalam rahim ibunya, diberi perlindungan dan makanan oleh Allah.

 

"Alam rahim adalah fase kedua dalam hidup manusia, di sini manusia berada dalam rahim ibunya selama kurang lebih 9 bulan. Dalam rahim ini tubuh kita terlindungi dan diberi makanan serta perlindungan oleh Allah," lanjut Ustaz Budi.

 

Selanjutnya, Ustaz Budi menjelaskan fase ketiga dalam kehidupan manusia yakni alam dunia. Di sini manusia diberi kebebasan dalam menjalankan kehidupanya.

 

"Setelah alam rahim, manusia memasuki alam dunia, yang merupakan fase ketiga. Di sini, manusia menghadapi berbagai cobaan dan ujian kehidupan, serta memiliki kebebasan untuk memilih jalan hidupnya," ujar Ustaz Budi.

 

Kemudian, Beliau menjelaskan bahwa alam kubur adalah fase keempat dalam perjalanan hidup manusia, di mana seseorang akan menghadapi pertanyaan dan ujian dari dua malaikat, Munkar dan Nakir.

 

"Yang keempat adalah alam kubur. Dalam alam kubur, manusia akan dihadapkan pada pertanyaan – pertanyaan dan ujian oleh dua malaikat, yaitu Munkar dan Nakir. Munkar dan Nakir akan mengajukan pertanyaan tentang keyakinan dan perbuatan manusia selama hidupnya. Kita harus memahami betapa krusialnya fase ini dalam perjalanan rohani kita, di mana semua tindakan dan keyakinan kita akan diuji dalam alam ini," lanjut Ustaz Budi.

 

Ustaz Budi menjelaskan bahwa fase terakhir adalah alam akhirat, di mana manusia akan menerima konsekuensi atas perbuatannya selama hidup di dunia. Pada tahap ini, Allah akan menentukan nasib akhir manusia, apakah mereka akan mendapatkan surga atau neraka, sesuai dengan amal perbuatan mereka.

 

"Dan akhirnya, fase terakhir adalah alam akhirat, di mana manusia akan menerima balasan atas perbuatannya dalam kehidupan dunia. Ini adalah saat ketika Allah akan menentukan nasib akhir manusia apakah akan dimasukan kedalam surga atau neraka." Ujar Ustaz Budi.

 

Repoerter : Moh Ragil Azhar Pangestu, KPI/3B

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023