Gerbang Pintu Keberkahan: Masjid Ainul Yaqin sebagai Simbol Kesadaran Sosial Masyarakat Sekitar

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Ainul Yaqin merupakan Masjid yang berada di Pameungpeuk-Kabupaten Bandung. Masjid Ainul Yaqin ini merupakan Masjid yang didirikan oleh para Relawan Yayasan Mizwan Ainul Yaqin. Masjid Ainul Yaqin baru dibangun pada 15 Juli 2023 sampai saat ini.

Keberadaan masjid ini mulai terlihat menonjol di tengah masyarakat sekitar. Mulai dari pembangunannya yang dilakukan dengan cepat, dan juga menarik perhatian masyarakat dengan berbagai kegiatan sosial yang ada. Masjid ini bukan hanya tempat ibadah saja, melainkan diisi kegiatan sosial yang memiliki makna sebagai simbol kesadaran dan keharmonisan masyarakat. Dulu tanah yang digunakan pembangunan masjid merupakan lapangan pesawahan yang sangat luas. 

"Dulu tanah ini  hanya lapangan sawah yang sangat luas, dibawahnya dikerumuni oleh banyak pohon bambu. Adapun makam yang jarang dibersihkan, kemudian terdapat selokan yang keberadaanya saat kering karena musim kemarau," Ungkap Ustaz Dedi Koswara selaku Ketua Dewan Kemakmuram Masjid. 

Masjid ini dibangun bersamaan dengan Pondok Pesantren Ainul Yaqin, sehingga dikelola mandiri oleh santri. Awalnya masjid ini hanya mushola kecil yang bisa diisi oleh 30 orang. Namun dengan seiring berjalannya waktu, masjid ini bisa dipakai oleh masyarakat luas bahkan keberadaannya memberikan manfaat bagi masyarakat. Seperti adanya kegiatan bantuan sosial, masyarakat setidaknya sedikit terbantu dalam ekonominya. 

"Tidak ada yang istimewa dari manusia selain dari kebermanfaatannya, maka keberadaan kita sebagai manusia perlu membantu saudara kita, tetangga kita, dan seluruh umat muslim yang membutuhkan. Sehingga Masjid Ainul Yaqin menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan masyarakat," Ungkap Ustaz Supriatna selaku Pembina Yayasan.

Semakin banyak kegiatan sosial yang dilakukan, sedikit demi sedikit pembangunan Masjid Ainul Yaqin semakin lancar. Bahkan sekarang rezeki berdatangan dari arah yang tidak disangka-sangka. Beberapa bulan lalu, ada beberapa pihak pemerintah yang datang untuk lebih mengetahui tentang pembangunan masjid dan pondok pesantren ini. Tak lama kemudian, pihak pemerintah tersebut memutuskan untuk memberi dua buah mobil berwarna putih kepada Yayasan. Mobil itu dipakai untuk kepentingan Yayasan dan juga masyarakat sekitar. 

Saat ini, keberadaan Masjid Ainul Yaqin semakin menonjol. Bahkan pandangan masyarakat terhadap masjid ini semakin membaik dan memberi dukungan lebih.


Reporter : Siti Nabilatul Zahro Salsabila KPI/3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023