Ajak Jemaah Refleksi Diri, Ustaz Yosef Saeful Ramdhan Bahas Qs Al-Ma'un

Dakwahpos.com, Bandung- Ustaz Yosef Saeful Ramdhan memberikan Khotbah Jumat di Masjid Istiqomah PC PERSIS Cibiru, Kota Bandung pada (24/11/2023), Khatib yang kerap disapa Ustaz Yosef tersebut menafsirkan Qs. Al-Ma'un dan mengajak jemaah untuk berefleksi diri dalam khotbah Jumatnya.

Mengambil referensi dari beberapa kitab tafsir, seperti Tafsir Imam Ibnu Katsir dan Tafsir Ibnu Abbas, Ustaz Yosef memaparkan kandungan dalam Surat Al-Ma'un yang memuat prilaku-prilaku yang membuat seorang manusia celaka karena tidak memperhatikan hal-hal tersebut, di antaranya tidak memperhatikan kondisi anak yatim dan bahkan mengambil hak-hak mereka, serta yang tidak mau memberi kebutuhan pangan orang miskin atau bersedekah kepada mereka dalam bentuk apapun.

Ustaz Yosef pun kembali menjelaskan bahwa terdapat prilaku lain yang membuat manusia celaka, yaitu orang yang lalai atas sholatnya, baik itu tidak memperhatikan keikhlasan dan lalai atas waktu dalam sholat, selain itu beliau menyebutkan jjika perilaku ria dan enggan menolong orang memerlukan bantuan merupakan perilaku yang membuat manusia celaka.

" Kita refleksikan apakah ada diantara ayat-ayat yang disebutkan tadi itu termasuk dalam diri kita, tapi mudah-mudahan tidak ada satupun dari ciri-ciri itu masuk dalam diri kita" Ujar Ustaz Yosef Saeful Ramdhan, Khotib Jumat Masjid Istiqomah PC PERSIS Cibiru.

Khutbah tersebut ditutup dengan ajakan untuk memperhatikan ayat-ayat dalam Al-Ma'un untuk menumbuhkan nilai-nilai sosial dalam masyarakat, sehingga kehidupan masyarakat senantiasa baik dan menjauhkan diri dari label yang Allah sebut sebagai pendusta agama.

Reporter: Naqib Al Ghazy/KPI 3 C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023