Syukur atas Nikmat Allah: Ustaz Fajar Abdillah Sampaikan Pesan Kepada Jemaah pada saat Khutbah Jumat

Dakwahpos.com, Bandung - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Daarud Dakwah Tamansari menyelenggarakan ibadah salat Jumat membahas mengenai syukur kepada Allah SWT (13/10/23).

Dalam khutbahnya Ustaz Fajar Abdillah menyampaikan bahwa sebagai makhluk ciptaan Allah yang diciptakan paling sempurna di antara makhluk-makhluk ciptaan lainnya, maka sudah sepatutnya kita sebagai manusia selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah dianugerahi Allah SWT. Ada begitu banyak nikmat dan anugerah yang telah Allah berikan kepada kita, bahkan ketika Allah memberikan cobaan dan musibah, terselip karunia dan berkah yang kadang tidak kita sadari.

"Salah satu cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mensyukuri nikmat Allah SWT. adalah dengan selalu mengucap hamdalah atau Alhamdulillah dalam setiap kondisi dan keadaan yang kita terima, entah itu saat senang maupun ketika sedang mendapatkan cobaan hidup. Jika ingin menghitung berapa banyak nikmat yang telah kita terima semasa hidup, sudah pasti nikmat tersebut tidak terhitung jumlahnya," ungkap ustaz Fajar Abdillah.

Khatib menjelaskan pengertian syukur dalam surat An-Nahl ayat 18, artinya: "Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang." Dalam ayat ini dijelaskan tentang begitu banyaknya nikmat dan karunia yang Allah anugerahkan kepada umat-Nya, baik di langit, darat, air, maupun dalam diri manusia, semua demi kemaslahatan dan kebaikan manusia.

"Dengan bersyukur atas nikmat Allah SWT. dalam setiap keadaan, Insyaallah kita akan menjadi manusia yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat," ungkapnya.

Semoga kita mampu menjadi manusia yang selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita, sehingga InsyaAllah nikmat yang kita peroleh itu akan bertambah berkali-kali lipat jika kita mau bersyukur.

Reporter: Fachry Husaeni, KPI/3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023