Peringati Maulid Nabi Muhammad Saw, Masjid Besar Ujung Berung Undang Mamah Dedeh

Dakwahpos.com.Bandung – Masjid Besar Ujung Berung Jl. Kaum Wetan No. 16, Cigending, Kec. Ujung Berung, Kota Bandung, mengundang Mamah Dedeh dalam acara maulid Nabi Muhammad S.A.W pada Jum'at (13/10/2023). Dalam undangan dan poster yang dipampang dipinggir jalan, acara dimulai pukul 07.30 WIB, akan tetapi Mamah Dedeh memulai ceramah pukul 08.30 WIB, meski begitu para jamaah sangat antusias dan sudah ramai mendatangi lokasi sejak pagi, dan saat pukul 07.00 WIB Masjid sudah dipenuhi oleh jamaah yang mayoritas adalah ibu-ibu.

Pertama-tama Mamah Dedeh membahas tentang apakah kita sudah pantas menjadi umat Nabi Muhammad yang baik?. Beliau pun menyampaikan marilah kita ingat bersama bahwa kita, umat Islam, adalah umat yang mengikuti ajaran dan contoh Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah sosok yang diutus oleh Allah SWT untuk membimbing umat manusia menuju jalan yang benar. Oleh karena itu, menjadi umat Nabi Muhammad yang baik adalah suatu kehormatan dan tugas yang besar. Allah berfirman dalam Al-Qur'an Qs Al-Fath 29 yang artinya: Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka.

Nabi Muhammad SAW memberikan banyak ajaran yang sangat relevan untuk kehidupan kita saat ini. Salah satu ajaran penting beliau adalah akhlak yang mulia. Beliau adalah suri teladan dalam hal berakhlak baik, seperti jujur, amanah, dan penyayang. Oleh karena itu, sebagai umat Nabi Muhammad yang baik, kita juga harus berusaha untuk mempraktikkan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Nabi Muhammad SAW juga mendorong kita untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan kita. Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang sangat dihargai dalam Islam, dan beliau mendorong umatnya untuk selalu mencari ilmu. Dengan demikian, sebagai umat Nabi Muhammad yang baik, kita harus senantiasa berusaha untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan kita, baik dalam hal agama maupun hal-hal dunia.
Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga menekankan pentingnya berbuat kebaikan dan membantu sesama. Beliau mengajarkan bahwa memberikan sedekah, menolong orang yang membutuhkan, dan berbuat baik kepada sesama adalah bagian integral dari iman kita.

"Sebagai umat Nabi Muhammad yang baik, kita harus selalu siap untuk membantu orang lain dan berbuat kebaikan tanpa pamrih" Ucap beliau
Tentu saja, menjadi umat Nabi Muhammad yang baik juga berarti taat kepada perintah-perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Itu termasuk menjalani ibadah dengan sungguh-sungguh, menjaga diri dari perbuatan dosa, dan selalu berusaha memperbaiki diri.

"Seandainya di lingkungan kita ada saudara, tetangga, mengajak kita melakukan perbuatan zina, menyembah selain Allah SWT, bagaimana sikap kita? Anda buka Luqman 15" ujar beliau. yang artinya: Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku.
Acara pun ditutup dengan istighosah dan do'a bersama dan selesai pukul 10.30 WIB.

Reporter, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung Mutiara Aulia Nurrahma/KPI-3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023