Pengajian Ibu-Ibu DKM Al-Manar Pasirbiru: Ingatkan Muhasabah Diri Ketika Mendapat Musibah

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Al- Manar Pasirbiru Jl. A.H Nasution. Gudang Sikat Rt 01 Rw 02 Kel. Pasirbiru Kec. Cibiru Kota Bandung adakan pengajian khusus ibu-ibu setelah zuhur sampai ashar. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Ahad, (22/10/2023).

DKM Al-Manar Pasirbiru menyelenggarakan pengajian khusus ibu-ibu. Program ini menurut ketua DKM  Al-Manar Pasiribu adalah program rutin. Pengajian diadakan turun-temurun. Selain ibu-ibu terkadang ada juga pemuda dan anak-anak yang ikut pengajian rutinan ini.

Dalam islam musibah diartikan peristiwa yang tidak menyenangkan, kesulitan, kesusahan. Sedangkan secara istilah musibah diartikan semua peristiwa buruk yang menimpa manusia. Adapun musibah bisa berupa kesenangan ataupun kesengsaraan dengan tujuan untuk menguji manusia.

Tujuan Allah memberikan musibah adalah agar manusia menyesali dosa, bertaubat, berhenti dari kedurhakan, mengevaluasi diri. Pelajaran yang bisa diambil dari semua musibah yang terjadi agar manusia menyadari bahwa peringatan, ujian dan hukuman karena dosa yang melampaui batas. Musibah diberikan kepada orang yang berdosa disebut peringatan, kepada orang yang sholeh disebut ujian, dan kepada orang yang kafir disebut siksaan.

"Ketika mendapatkan ujian harus muhasabah diri, karena Allah Swt bukan mau menyusahkan, tapi ada tujuannya yaitu untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Swt, untuk meningkatkan ketaqwaaan harus melalui berbagai tahapan yaitu dengan melewati ujian," ujar Ustaz Maman.

Banyak cara Allah menguji setiap manusia untuk mengetahui kadar iman setiap manusia. Namun sebagai orang yang beriman meyakini bahwa ujian yang diberikan Allah Swt  kepada umat manusia bukanlah azab melainkan sebagai penghapus dosa. Sebaliknya bagi orang yang tidak beriman ujian dimaknai sebagai  siksaan yang disegerakan didunia selama mereka tidak bertaubat. Kasih sayang Allah Swt begitu luas terhadap hamba-hamba -Nya yang beriman.

Reporter: Fauziah Salma Khoirunnisa KPI 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023