Pengajian DKM Kifayatur Achyar: Surat Al-Ikhlas Miliki Banyak Keutamaan

Dakwahpos.com, Bandung – DKM Kifayatur Achyar yang berlokasi di Jl. Raya Cipadung No.495, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614, RT/RW:0/0 mengelar pengajian pada hari Selasa (10/10/2023). Pengajian ini dipimpin oleh DKM  Kifayatur Achyar yaitu Ustaz KH. Aming Bunyamin dengan tema "Keutamaan Surat Al-Ikhlas".

Pengajian ini dimulai setelah Salat Magrib, terdapat sekitar lebih kurang 36 jemaah laki-laki dan perempuan termasuk anak-anak juga turut menghadiri kegiatan pengajian ini. Ustaz KH. Aming Bunyamin memulai dengan membaca Surat Al-'Asr ayat dua dan tiga tentang manusia berada dalam kerugian kecuali bagi mereka orang-orang beriman yang mengerjakan kebajikan dan amal saleh.
 
"Sekecil apapun amal saleh yang kita lakukan pasti akan mendapatkan balasan dari Allah" kata Ustaz KH. Aming Bunyamin. Ustaz KH. Aming Bunyamin kemudian memberikan salah satu contoh amal baik yang mendapatkan balasan dari Allah disebutkan dalam kisah ketika Rasulullah saw sedang pergi ke suatu peperangan yaitu Perang Tabuk. Saat Perang Tabuk diserukan ada seorang sahabat yang ingin ikut berperang, yaitu Muawiyah bin Muawiyah al-Muzani, tapi pada saat itu beliau sedang sakit dan Rasulullah berkata kepada Muawiyah untuk tidak perlu ikut dan menyuruhnya untuk beristirahat karena peperangan ini sangat berat. Tetapi Muawiyah tetap ingin berperang.

Beberapa hari setelah peperangan dilakukan, tiba-tiba Malaikat Jibril mendatangi Rasulullah saw dan berkata "Wahai Rasulullah, Muawiyah bin Muawiyah al-Muzani telah wafat, lihatlah jenazahnya. Sesungguhnya Allah telah mengirimkan malaikat untuk menyalatkannya!" Kemudian Rasulullah melihat jenazah Muawiyah dan segera menyalatkan jenazah Muawiyah bin Muawiyah al-Muzani bersama 140.000 malaikat. Rasulullah pun bertanya kepada Malaikat Jibril " Wahai Jibril, amalan apa yang telah dilakukan Muawiyah hingga beliau mendapatkan kedudukan seperti ini?" Kemudian Malaikat Jibril menjawab "Muawiyah selalu mengamalkan bacaan Surat Al-Ikhlas dalam keadaan apapun, ketika berdiri, duduk, berkendara maupun berjalan".
 
Inilah keutamaan bagi orang yang sering mengamalkan Surat Al-Ikhlas, sekecil apapun amalan yang dilakukan pasti akan mendapatkan balasannya termasuk bagi mereka yang selalu mengamalkan Surat Al-Ikhlas.

"Kita juga harus senantiasa mengamalkan Surat Al-Mu'awwidzatain yaitu Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas" kata Ustaz KH. Aming Bunyamin. Sebelum ditutup, pengajian ini diakhiri dengan berzikir dan bersalawat  kepada Nabi Muhammad saw serta  ditutup dengan doa. Kemudian dilanjutkan dengan Salat Isya berjemaah yang dipimpin oleh Ustaz KH. Aming Bunyamin.

Rajulun Azmi, KPI/3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023