Lestarikan Pengetahuan Sejarah Nabi DKM At-Taqwa Pasir Biru Gelar Pengajian Sirah Nabawi dan Ilmu Fiqih Bagi Anak-Anak

Dakwahpos.com, Bandung – DKM At-Taqwa Pasir Biru selenggarakan pengajian rutinan mengenai pentingnya mengetahui ilmu mengenai sirah nabawi dan menyampaikan beberapa ilmu fiqih bagi anak-anak lingkungan sekitar Pasir Biru Pada Kamis (12/10/23).

Dalam pengajian yang dihadiri anak-anak sekitar lingkungan Mekarjati-Pasir Biru ini Ustazah Siti Sopiah selaku guru dan pembimbing pengajian sirah nabawi mengawali dengan membaca surat Al-Mulk bersama-sama, kemudian setelah selesai beliau melanjutkan dengan membuka pengajian dengan membaca Basmallah dan dilanjutkan dengan bercerita mengenai sejarah para nabi.

"Perlu kita ketahui nabi Muhammad Saw adalah teladan yang baik. Dia selalu jujur, rendah hati, dan penyayang kepada semua orang dan Ketika nabi Muhammad Saw menghadapi cobaan dan kesulitan , dia selalu bersabar  dan tawakal kepada Allah, maka dari itu kita sebagai generasi muda ya harus mengikuti teladan nabi kita tercinta Muhammad Saw dan salah satu kisah menarik dalam sirah nabawi adalah Ketika nabi Muhammad Saw membangun Masjid Nabawi tempat suci bagi seluruh umat islam". Ujar Ustazah Siti Sopiah.

Selain itu, beliau menyisipkan pengetahuan kepada anak-anak mengenai pentingnya mempelajari  ilmu fiqih untuk tuntunan pemahaman anak-anak mengenai tata cara dan kaidah beribadah.

"Anak-anak harus bisa menghormati waktu dan tempat ibadah dimanapun kalian berada dengan menjaga adab yang sudah diajarkan ibu minggu lalu kali ini ibu akan mengajarkan keutamaan berwudu dengan kita memahami dan mengamalkan tata cara berwudhu dengan benar maka kitab bisa mempersiapkan diri untuk melakukan ibadah salat dengan khusyuk dan taat kepada allah Swt." Ungkap Ustazah Siti Sopiah.

Pengajian ini menekankan pentingnya mengetahui sejarah para nabi terutama sejarah nabi Muhammad Saw, dan menekankan bagaimana pentingnya memahami setiap gerakan salat, bacaan dalam beribadah dan memahami adab yang harus dijunjung tinggi saat beribadah, dan anak-anak diberikan pemahaman doa-doa yang mereka ucapkan sehingga mereka dapat merasakan kehadiran Allah Swt.

Semua ini bertujuan untuk membentuk landasan kuat praktek keagamaan mereka,sehingga mereka dapat tumbuh berkembang sebagai individu yang bertaqwa dan taat kepada Allah Swt sejak saat dini.

Reporter : Mochamad Labieb Abieza, KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023