Lahirkan Generasi Qur’ani, DKM Al-Muhajirin Cibiru Adakan Pengajian DTA Rutinan

Dakwahpos.com, Bandung – DKM Al-Muhajirin mengadakan pengajian rutinan anak-anak DTA setiap bakda ashar hingga menjelang waktu salat maghrib yang bertempat di Jalan Cipadung, Kec. Cibiru Kota Bandung. Pengajian rutinan ini dihadiri oleh kalangan anak-anak berbagai usia dengan pengelompokkan kelas yang telah dibagi oleh Ustazah pengajarnya sesuai kemampuan anak-anak, Kamis (12/10/2023).

Pengajian ini dipimpin oleh dua Ustazah yang kerap dipanggil Umi dan Bu Ati oleh kalangan masyarakat, begitupun anak-anak. Pengajian rutinan ini memiliki tujuan serta harapan melahirkan generasi Qur'ani dengan menanamkan ajaran islami pada anak-anak dari usia dini. Sehingga membentuk pribadi yang saleh dan salehah sebagaimana akhlak Rasulullah Saw dan dapat bermanfaat bagi sekitar serta diri sendiri kelak setelah dewasa nanti.

"Pembelajaran ini mengutamakan akhlak, bacaan Al-Qur'an, dan Iqro. Adapun hafalan Al-Qur'an juga diterapkan jadi anak-anak menyetorkan hafalannya kepada Ustazah satu persatu yang mana sebelum disetorkan telah dibaca berulang-ulang bersama dituntun oleh Ustazah sehingga hafalan mudah menerap. Memanfaatkan daya ingat anak-anak yang masih bagus dan cepat tanggap kita isi daya ingat itu dengan hal bermanfaat," ungkap Umi selaku penanggung jawab pengajian DTA tersebut.

Selain dari semangat anak-anak untuk belajar, pengajian rutinan ini tidak akan berjalan bila pengajarnya tidak semangat mengajar. Anak-anak akan melihat, mencontoh serta meniru pengajarnya. Peran Ustaz dan Ustazah bukan hanya mengajarkan pembelajaran saja tetapi dijadikan panutan oleh muridnya. Sehingga tingkah laku dan pola hidupnya perlu diperhatikan sehingga murid tidak mencontoh hal yang tidak baik kedepannya.

Dalam penerapan sehari-hari DKM Al-Muhajirin berharap dengan adanya pengajian DTA ini dapat melahirkan generasi Qur'ani yang dapat terus meramaikan masjid dan mengajarkan kembali apa yang telah dipelajari dari Ustaz dan Ustazah. Karena apa yang dipelajari hari ini, berdampak di masa depan. Akhlak yang dipupuk sedari dini, akan membentuk kebiasaan di masa mendatang. Semoga anak-anak tetap beristiqomah dalam pembelajarannya serta Ustaz dan Ustazah yang tak lelah dalam membimbing dan mengajarkan Al-Qur'an. Dan semoga waktu dan tenaganya dapat terbalaskan dengan pahala yang tak terhingga oleh Allah Swt.


Inayatul Gaida/ Mahasiswa UIN SGD KPI 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023