Khutbah Jumat Masjid Nurul Ilmi: Bergaul dengan Orang Saleh Bisa Maksimalkan Kebaikan

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Nurul Ilmi yang beralamat di Jl. Jember, Cibiru Wetan, kota Bandung menyelenggarakan salat Jumat (13/10/2023), kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari Jumat dengan imam yang sudah di jadwalkan. Pada Jumat kali ini, Ustaz Syahidin yang menjadi imam dan membawakan tema memaksimalkan kebaikan.

Dalam khutbahnya Ustaz Syahidin membuka dengan Qs. Al-Hujurat:13 yang di dalam ayat tersebut menjelaskan tentang penciptaan manusia yang di mulai dari laki-laki dan perempuan, kemudian menjadi bersuku-suku dan berbudaya, disalah manusia berkumpul dan saling bergaul. 
 
"Kenapa ketika kita ingin menjadi seseorang yang saleh itu tidak cukup hanya dengan ilmu, tetapi harus diiringi dengan teman yang baik, karena bisa kita lihat orang sukses akan dikelilingi dengan orang yang sukses juga, begitu juga dengan orang yang saleh harus di kelilingi dengan orang yang saleh. Tapi ketika orang yang saleh tersebut bergaul atau di kelilingi oleh orang yang salah maka kemungkinannya ada dua orang saleh tersebut terbawa arus dengan orang salah, atau orang saleh tersebut bisa tetap bertahan dengan kesalehannya tetapi tidak akan maksimal melakukan kebaikannya," tutur beliau.

Kemudian Ustaz Syahidin melanjutkan khutbahnya dengan menjelaskan kepada kita agar bisa memilih dan memilah pergaulan dengan sesama, kita boleh untuk berteman dengan siapa saja baik itu dengan preman, dengan orang yang jauh dengan Allah tetapi kita tidak boleh bergaul dengan orang-orang yang seperti itu. Carilah pergaulan yang membawa kita kepada jalan Allah, dan kita harus menjadi anak emas ketika kita bergaul dengan siapa saja kita tetap bisa menjadi diri kita, tetap berada di jalan Allah.

Pada akhir khutbahnya Ustaz Syahidin mengingatkan kepada jamaah agar mereka bisa menjadi orang yang pintar dalam memilih pergaulan karena pada realitasnya pergaulan akan sangat berpengaruh dalam kehidupan. Ketika salah memilih pergaulan maka akan terbawa oleh arus pergaulan tersebut, tetapi ketika bisa bergaul dengan orang-orang yang saleh jamaah bisa memaksimalkan kebaikannya.

Reporter: Raphy Achmad Zacky 3/C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023