Khutbah Jumat Masjid Jami Al-Anshari: Tingkatkan Kepedulian Sosial dan Raih Ridho Allah

 
 
Dakwahpos.com,Bandung- Masjid Jami Al-Anshari,Cipadung, Kecamatan Cibiru, Bandung, menggelar sholat solat jumat setiap minggunya, pada Jumat (13/10/2023) Dalam khutbah Jumatnya di Masjid Jami Al-Anshari, Bandung, Jawa Barat, khatib menyampaikan tema tentang sedekah. Khatib menjelaskan bahwa sedekah adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik berupa harta, tenaga, maupun ilmu.

Khatib mengutip beberapa ayat Al-Qur'an dan hadis yang menjelaskan tentang keutamaan sedekah. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 271:

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah) adalah seperti sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." 

Hadis Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang keutamaan sedekah adalah: "Sedekah itu akan memadamkan api neraka." (HR. Tirmidzi) Khatib menjelaskan bahwa sedekah memiliki banyak manfaat, baik bagi orang yang memberi maupun yang menerima. Sedekah dapat meningkatkan kepedulian sosial, membantu orang yang membutuhkan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Meningkatkan Kepedulian Sosial 

Sedekah dapat meningkatkan kepedulian sosial seseorang. Ketika seseorang bersedekah, ia akan merasakan empati dan simpati kepada orang yang membutuhkan. Ia akan terdorong untuk membantu orang lain yang kurang beruntung. Membantu Orang yang Membutuhkan Sedekah dapat membantu orang yang membutuhkan. Sedekah dapat berupa harta, tenaga, maupun ilmu. Harta yang disedekahkan dapat digunakan untuk membantu orang yang membutuhkan biaya hidup, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Tenaga yang disedekahkan dapat digunakan untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan fisik, seperti pekerjaan rumah, merawat orang sakit, dan lain-lain. Ilmu yang disedekahkan dapat digunakan untuk membantu orang yang membutuhkan ilmu pengetahuan, seperti mengajar, mendakwah, dan lain-lain.

 Mendekatkan Diri kepada Allah SWT 

 Sedekah dapat mendekatkan diri seseorang kepada Allah SWT. Sedekah adalah salah satu bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri seseorang kepada Allah SWT. Dengan bersedekah, seseorang akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. 

 Perbanyak Sedekah Khatib 

mengajak para jamaah untuk senantiasa bersedekah, baik dengan harta, tenaga, maupun ilmu. Sedekah dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

 Di akhir khutbahnya, khatib mengajak para jamaah untuk mengamalkan sedekah dalam kehidupan sehari-hari. Sedekah dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

 •Menyumbangkan harta kepada lembaga zakat atau panti asuhan
 •Menyumbang tenaga untuk membantu orang yang membutuhkan
 •Mengajari ilmu yang bermanfaat kepada orang lain 
Dengan mengamalkan sedekah, kita dapat meningkatkan kepedulian sosial, membantu orang yang membutuhkan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

 Penulis, Rayhani zakira KPI/3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023