Khotbah Jumat DKM Al-Mishbah: Menjadikan Sosok Rasulullah SAW Sebagai Panutan

Dakwahpos.com, Bandung - DKM Al Mishbah rutin mengadakan Shalat Jumat setiap minggunya, dengan khotbah Jumat yang disampaikan oleh khatib. Khotbah Jumat kali ini diisi oleh Ustaz Jajang Arka dengan mengambil tema "Menjadikan Sosok Rasulullah SAW sebagai Panutan" pada Jumat (6/10/2023).

Pada khotbah tersebut, Ustaz Jajang menyampaikan bahwa kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW. Harus meneladani sifat-sifat yang diajarkannya. Sifat-sifat yang dimiliki oleh Rasul, yaitu shidiq, amanah, tabligh, dan fathonah.

"Shidiq adalah menjadi pribadi yang selalu jujur dalam menjalankan segala aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Amanah merupakan sifat yang harus dipegang teguh oleh kita sebagai umat-Nya ketika mendapatkan tanggung jawab, dan kita dapat melaksanakan tanggung jawab tersebut sampai selesai. Tabligh yaitu menyampaikan, misalnya kita sebagai umat-Nya mengajak umat muslim lain untuk berbuat kebaikan dan menghindari keburukan, sebagaimana Rasul menyampaikan wahyu dari Allah SWT. Kepada umat-Nya. Fathonah artinya cerdas, sebagai umat Rasul wajib memiliki kecerdasan, karena Rasulullah SAW. Bersabda yang berarti menuntut Ilmu itu wajib atas setiap muslim Dari sabda tersebut, Rasulullah mengingatkan kepada umat-Nya untuk menuntut ilmu agar memiliki kecerdasan." Ungkap Ustaz Jajang.

Pada khotbah kedua, khotib berwasiat bahwa sebagai umat Islam, kita harus meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT., serta selalu meneladani Rasulullah SAW.

Kemudian di akhir khotbah, beliau berpesan, "Sebagai orang Islam, kita jadikan Rasulullah SAW. sebagai panutan serta suri tauladan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari."

Reporter: Tubagus Nursayid, KPI/3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023