Kajian Rutin di Masjid At-Tarbiyatul Islamiyyah Cipadung: Janji Kita Kepada Allah Swt

Dakwahpos.com, Bandung – Kegiatan-kegiatan di Masjid At-Tarbiyatul Islamiyyah salah satunya adalah pengajian ibu-ibu, yang dilaksanakan setiap Sabtu sore sesudah salat Asar. Pengisi pengajian ibu-ibu ini sudah dijadwalkan dengan rapi oleh DKM At-Tarbiyatul Islamiyyah setiap tahunnya, dengan materi yang beragam.

Setelah pembacaan tawasul bersama yang dipimpin oleh Nuraeni, pengisi kajian hari ini yang seharusnya diisi oleh Ustaz Dardiri berhalangan untuk hadir maka diganti oleh Ustaz A. Rojali. "Ada empat hal yang tidak akan pernah hancur selama-lamanya yaitu, Allah Swt., ruh, surga, dan neraka," ucap Rojali.

Rojali menyampaikan bahwa ruh, surga, dan neraka tidak akan pernah hancur jika Allah Swt. menghendaki. Karena surga akan menjadi tempat pembalasan nikmat bagi hamba-Nya yang patuh dan neraka akan menjadi tempat pembalasan dosa bagi hamba-Nya yang ingkar. Segala perbuatan kita yang baik atau yang buruk pasti akan dihitung dan dibalas ketika di akhirat kelak walaupun hanya seberat zarah.

"Kita harus selalu ingat pada janji kita kepada Allah Swt. yang selalu diulang minimal lima kali dalam satu hari, yaitu pada doa iftitah: " اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ". Yang artinya, "Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup, dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam," jelas Rojali.

Di penghujung ceramahnya, Rojali mengingatkan bahwa kita harus selalu berbuat baik dan bermanfaat, jangan sampai kita lengah. Bahkan satu kalimat di akhir hayat bisa menentukan akhirat kita, karena kalimat yang susah diucapkan di akhir hayat adalah kalimat tauhid Laa ilaha illallah. Dalam hadis disebutkan, dari Mu'adz bin Jabal r.a ia berkata: "Rasulullah saw berkata, "Siapa pun yang akhir ucapannya (ketika menjelang ajal) kalimat La ilaha illallah maka ia masuk surga." (H.R Abu Daud).

Reporter: Dalva Tiburusdah KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023