Kajian Masjid Babussalam: Hadiri Majelis Ilmu Mudahkan Jalan ke Surga


Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Jami Babussalam yang beralamat di Kp.Pasir Kaliki Reuma No.13 Kelurahan Sadang Serang Kota Bandung mengadakan kegiatan untuk masyarakat umum, mulai dari kegiatan rutinan setiap minggunya juga setiap hari nya. Salah satu kegiatan yang diadakan adalah kajian disetiap bulannya. yang dilaksanakan pada subuh hari.  Senin (16/10/2023)

Kajian ini diisi oleh ustad Harry Gunawan membahas mengenai keutamaan menghadiri majelis ilmu bahwa akan dimudahkannya jalan menuju surgaNya.
Karena tidak diragukan bahwa majelis ilmu adalah salah satu majelis zikrullah (mengingat Allah), dan merupakan salah satu ibadah yang agung. Dengan zikrullah seorang hamba mendekatkan diri kepada Rabb-nya, mengisi waktunya dan memanfaatkan nafas-nafasnya.

Seperti yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW di dalam hadis berikut:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
"Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju surga" (HR. Muslim Nomor 2699)

Hadis terebut juga menjadi dalil dianjurkannya untuk mendatangi majelis-majelis ilmu dan Allah akan memudahkan jalannya menuju surga memiliki dua makna; pertama, Allah akan memudahkan memasuki surga bagi orang yang menuntut ilmu yang tujuannya untuk mencari wajah Allah.

"Jadi terdapat janji Allah bahwa bagi orang yang berjalan untuk menuntut ilmu syariat, maka Allah akan memudahkan jalan baginya menuju surga. dan Allah akan memberikan kemudahan kepada orang-orang yang gemar menuntut ilmu agama untuk memasuki surga-Nya," Ujar ustad Harry Gunawan

Diakhir majelis setelah memaparkan tentang keutamaan menghadiri majelis ilmu untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT agar bisa mewujudkan cita-cita untuk bisa bahagia dunia dan mempererat tali silaturahmi antar masyarakat.

Reporter: Afifah Haura Salsabil,  KPI 3/A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023