DKM Jami Nurul Hasan Cileunyi Gelar Pengajian Ilmu Fikih



Dakwahpos.com,Bandung- Masjid Jami Nurul Hasan yang beralamatkan di Jalan Raya Cirebon, Cileunyi, Kabupaten Bandung mengadakan pengajian Fikih pada Rabu (27/09/2023), Pengajian dilaksanakan setiap Rabu setelah sholat magrib.


Pengajian diawali dengan pembacaan tawasul. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi yang disampaikan oleh ustaz engkos mengenai Fikih. Pemaparkan Fikih tentang wudu dan syarat syarat sah " Wudu merupakan ritual ibadah untuk melakukan ibadah " Ungkap beliau


Pengajian ini dihadiri oleh penduduk setempat dan untuk segala kalangan usia. Pengajian ini memiliki daftar hadir yang wajib diisi oleh semua jamaah yang hadir.


Ustaz Engkos menjelaskan wajib hukumnya berwudu apabila kita ingin melakukan salat, Tawaf, membaca Al-Qur'an maupun memegang Al-Qur'an dan sunah hukumnya berwudu sebelum melakukan kegiatan sekalipun makan. Sebelum menjelaskan tentang wudu beliau memaparkan pembagian macam macam air, yaitu air yang sedikit dan air yang banyak. Maksud dari sedikit, yakni air yang kurang dari dua qullah sedangkan, air yang banyak yakni dua qullah atau lebih.


Syarat sah merupakan sifat yang jelas dan terdefinisikan, dimana keberadaan hukum bergantung padanya tanpa harus masuk ke dalam hukum tersebut. Ustaz Engkos juga menjelaskan syarat sah dalam berwudu.


Berikut 10 syarat sah dalam berwudu:

1. Islam

2. Tamyiz

3. Bersih dari haid dan nifas

4. Bersih dari sesuatu yang mengahalangi datangnya air ke kulit contoh: cat,kutek,dsb.

5. Tidak boleh adanya sesuatu yang merubah datangnya air ke kulit contoh: minyak,handbody,dsb.

6. Mengetahui fadhu wudhu

7.  Menggunakan air suci mensucikan

8. Tidak boleh menjadikan perkara fardhu menjadi sunnah

9. Sudah masuk waktu shalat

10. Muwalat


Dua syarat terakhir ini khusus untuk da`im al-hadats. Pengajian ditutup dengan salat isya berjemaah dan bercengkerama sesama jemaah.


Reporter : Zahrah Azizah KPI 3D




Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023