DKM Daarul Fikri Adakan Pengajian Mingguan Ibu-Ibu, Angkat Tema Maknai Khusu dalam Salat”

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Daarul Fikri yang beralamat di komplek Permata Biru Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, DKM adakan pengajian Ibu - Ibu (11/10/2023),
aro-aital ladzii yukaddzibu biddiin, fadzaalikal ladzii yadu"ulyatiim, walaa yahuddhu 'alaa tho'aamil miskiin, fawailul lil musholliin, alladziina hum 'an sholaatihim saahuun, alladziina hum yuroo-uun, wayamna'uunal ma'uun.
Artinya : Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?  Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.  Maka celakalah  orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya, yang berbuat riya, dan enggan (memberikan) bantuan. (Qur'an Surat  Al Ma'un ayat 1-7)
"Dari ayat tersebut banyak Berbagai tema yang dapat di ambil , banyak sekali makna dan berbagai pelajaran yang dapat di ambil, namun kita ambil tema "maknai khusu dalam salat", karena salat itu sebagai tiang agama, jadi kukuhnya seseorang di liat dari salatnya dan paling sulit di dalam salat itu khusu nya" ujar Ustaz Hapid yang mengisi ceramah tersebut.
Pada ayat diatas disebutkan bahwasannya celaka bagi orang yang salat, yaitu bagi mereka yang lalai, menunda nunda, akibat dari kesibukan mereka sendiri yang tidak memperhatikan pada salat, mereka menunda nunda karena alasan waktu, waktu masih panjang untuk melaksanakan salat, sehingga mereka mengahirkan salatnya dan tanpa di sadari itu lah yang di namakan celaka bagi orang yang salat itu.
Salat itu juga bukan hanya sekedar gerakan badan saja, tetapi salat itu harus di barengi dengan makna dan arti itu sendiri agar dapat tercapainya salat yang khusu, apalagi kalo bias memaknai arti dan salat itu sendiri.
 "tips atau cara untuk mencapai salat khusu,  antara lain dengan khudurul qolbi, yaitu menghadirkan jiwa raga dan batin kita ketika salat, merasa di awasi oleh Allah SWT." Ujar Ustaz Hapid

Reporter : Rian Permana KPI 3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023