Khutbah Jumat Masjid Muhammad Iqbal: Rasulullah Bawa 6 Risalah

Dakwahpos.com, Cimahi - Pada hari Jumat (22/09/2023), Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Muhammad Iqbal yang beralamat di Jalan Pesantren, Kota Cimahi. Acara ini dihadiri sekitar 50 jamaah masjid. Ustadz Taryana S.Pd.I, yang juga menjabat sebagai Dewan Santri Madrasah Diniyah Muhammad Iqbal, menjadi Khatib pada kesempatan ini. Salat Jumat ini menjadi momen berharga bagi komunitas masjid untuk bersama-sama beribadah dan mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh Ustadz Taryana, yang membawa pesan-pesan keagamaan yang bermakna.

Dalam pembukaan khutbahnya, beliau mengingatkan bahwa Rasulullah SAW diutus ke muka bumi untuk menyempurnakan akhlak manusia.

"Ada 6 risalah konkret yang dibawa Rasulullah, di antaranya yang pertama adalah Rasul selalu merespons panggilan dengan sikap yang baik. Ketika Rasulullah dipanggil, beliau selalu menjawab dengan ramah, senyum, serta bahasa yang sopan dan santun," terang Ustadz Taryana S.Pd.I.

Selanjutnya, Ustadz Taryana S.Pd.I menjelaskan kepada jamaah bahwa Rasulullah adalah pribadi yang ramah, baik kepada keluarganya maupun kepada para sahabatnya.

"Ketiga, Rasul hidup sederhana. Beliau senantiasa melaksanakan tugas rumah tangga seperti membersihkan, menjahit, dan tugas-tugas lainnya untuk membantu istrinya," ucap Khatib.

Khatib menjelaskan yang keempat bahwa Rasulullah adalah sosok yang suka menolong sesama. Beliau selalu siap membantu dan memberikan solusi ketika ada orang yang membutuhkan.

"Keempat, Rasulullah selalu peduli dan perhatian terhadap masalah sosial. Jika Beliau bertemu dengan seseorang, Beliau selalu menanyakan tentang sahabat-sahabatnya yang tidak hadir, hal tersebut menunjukkan perhatian sosial yang tinggi dari Rasulullah SAW," ujar Khatib.

Terakhir, Khatib memaparkan bahwa Rasulullah adalah sosok yang selalu menyuarakan kedamaian. Islam mengajarkan umatnya untuk selalu menciptakan perdamaian dan menjaga ketentraman dalam masyarakat. Sebaliknya, Islam tidak pernah mengajarkan terorisme atau anarkisme.

Di akhir khutbah ini, khatib mengajak seluruh jamaah untuk merenungkan dan menghayati nilai-nilai yang telah diwariskan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW menjadi contoh teladan bagi umatnya dalam berperilaku yang menciptakan kedamaian dalam masyarakat.

Reporter : Muhammad Fahmi Abdulhafizh, KPI 3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023