Dosen UIN Bandung Isi Khutbah Jum’at di Masjid Al-Arqom Gedebage

Dakwahpos.com, Bandung- Shalat jum'at merupakan sholat yang dilaksanakan oleh kaum laki-laki khusus di hari jum'at sebagai pengganti sholat dzuhur. Seperti sholat jum'at yang dilaksanakan di masjid Al- Arqom Jl. Angsana, Cisaranten Kidul, Kec. Gedebage, Kota Bandung. 

Dalam praktek sholat jum'at ada yang dinamakan khutbah. Dalam khutbah jum'at, khatib akan menyampaikan nasihat, ajakan, informasi, dan peringatan kepada jama'ah sebelum pelaksanaan shalat jum'at.

Seperti yang dilakukan Ustadz Enjang Adi, S.Pd.I sebagai pengisi khutbah jum'at yang menyampaikan khutbahnya mengenai akhlak. 

''Sebagaimana dalam hadist Nabi:
 التَّوَاضُعُ مِنْ أخْلَاقِ الْأَنْبِيَاءِ وَالتَّكَبُّرُ مِنْ أخْلاَقِ الْكُفَّارِ وَالْفَرَاعِنَةِ
Tawadhu itu bagian dari akhlak para nabi, sedangkan kesombongan itu bagian dari akhlak orang-orang kafir dan para fir'aun'' Ujar ustadz Enjang dalam khutbahnya.

Menurut beliau, sifat tawadu merupakan contoh manusia dalam meniru akhlak rasulullah. Tawadhu akan menjadikan seseorang lebih menghargai hamba Allah lainnya dan merupakan sikap terpuji dalam Islam. Adapun sifat sombong itu, termasuk akhlak orang-orang kafir. Oleh karena itu, kita selaku umat rasulullah hendaklah meniru akhlaknya.

Billy Yanuari, Mahasiswa Jurusan KPI 3A UIN SGD BDG

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023