Menarik!! Masjid Al-Mukhtar Cigending Berdiri Sebelum Indonesia Merdeka

Dakwahpos.com, Bandung, 15 September 2023 - Sejarah masjid Al-Mukhtar yang beralamat di JL. Raya Ujung Berung, Cigending, Kec. Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat 40611, di dirikan oleh Alm. H. Moch Ilyas pada tahun 1942 atau sebelum Indonesia merdeka tahun 1945.


'' Dulu H. Ilyas membangun masjid ini sejak tahun 1942 an sebelum Indonesia merdeka. Awal pembangunan masjid ini seperti tajug, masjid kecil yang dibuat dari kayu. Seiring berjalannya waktu, pembangunan masjid ini terus berkembang hingga mengalami 4 kali pembangunan atau renovasi total dari mulai berdiri sampai sekarang, yaitu pada tahun 1942, 1980, 1996 dan 2009.'' Ucap Pak Seful Muluk selaku ketua DKM Al-Mukhtar.


Selain mendirikan masjid, Alm. H. Moch Ilyas juga mendirikan sekolah SD dan SMP Muhammadiyah yang terletak tepat di belakang masjid Al-Mukhtar. H. Ilyas mendirikan sekolah pada tahun 1981 setelah renovasi masjid yang ke-2.


''Adanya Muhammadiyah di daerah ujung berung di bawa oleh H. Ilyas. Makanya banyak yang menganggap, bahwa masjid Al- Mukhtar adalah masjid Muhammadiyah. Padahal secara pribadi H. Ilyas sendiri tidak mengutamakan pada organisasa itu. Hanya kebetulan saja pak H. Ilyas nya sebagai Muhammadiyah. Kadang-kadang ada yang bilang masjid Muhammadiyah, padahal engga 100% Muhammadiyah. Intinya masjid ummat saja.'' Ujar Pak Saeful.


Menurutnya, Masjid Al-Mukhtar dibangun bukan atas dasar organisasi, melainkan masjid ummat yang boleh digunakan siapa saja mau dari organasasi manapun, baik itu NU, PERSIS dan sebagainya, selagi kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al- Mukhtar adalah kegiatan positif.


Ananda Anggunistiani, Mahasiswa Jurusan KPI-3A UIN SGD BDG

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023