Dorong Semangat Belajar, DKM Al-Ikhlas Sukamaju Adakan Bimbingan Belajar Anak-anak

Dakwahpos.com, Bandung – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ikhlas Sukamaju yang beralamat di Kampung Sukamaju, Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Tengah mengadakan program bimbingan belajar gratis untuk anak-anak Sekolah Dasar di wilayah sekitar. Terhitung sejak bulan Agustus 2023 hingga sekarang, sabtu (23/09/2023) program ini telah berlangsung selama satu bulan. Kegiatan ini merupakan program kolaborasi dengan salah satu lembaga Pendidikan di bidang Les Privat yang bernama SQ Education.

Sesi bimbingan belajar ini dipandu oleh para mahasiswa utusan dari lembaga terkait, diselenggarakan dengan sistem bimbingan kelompok dimana 20 hingga 25 anak dibimbing oleh 2 sampai 3 mahasiswa yang telah dijadwalkan, bimbingan ini pun dilaksanakan dengan susunan prosedural yang telah ditetapkan oleh lembaga, dimulai dari berdo'a dan tes hafalan surat-surat pendek sebelum memulai belajar, kemudian dilanjut dengan pembahasan PR anak-anak dan pelajaran-pelajaran yang dianggap sulit, seperti matematika.

Ibu Desi selaku istri dari Bapak Agus, ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al-Ikhlas Sukamaju memberi apresiasi tinggi kepada lembaga terkait yang telah menaruh kepedulian terhadap kemajuan pendidikan masyarakat sekitar. Dengan inovasi yang telah dilakukan, Ibu Desi berharap kebutuhan belajar anak-anak dapat terpenuhi secara lebih optimal.
"Ibu senang sekali dengan hadirnya kakak kakak utusan dari SQ Education yang bisa bantu ibu menghandle anak-anak belajar, biasanya kakak-kakak ini datengnya hari sabtu, tapi ibu harap ketika ada hari lain yang ngga bentrok dengan jadwal kuliah, kakak-kakak bisa hadir buat bantu ibu, karena ibu cukup kewalahan kalau sendiri" ujar Bu Desi.

Selanjutnya, sesi bimbingan belajar yang diisi oleh para mahasiswa ini juga menerapkan sistem fun learning, dimana pembelajaran dibuat semenyenangkan dan sehangat mungkin supaya anak-anak tidak mudah jenuh dan bosan. Salah satu cara penerapannya ialah dengan mengadakan mini reward yang diberikan kepada anak-anak saat sesi kuis di akhir pembelajaran.
"Sejauh ini anak-anak betah belajar dengan kakak-kakak, sampe-sampe suka nanyain keberadaan kakak-kakak ketika ada saja yang berhalangan hadir" ujarnya lagi.

Dengan diadakannya kegiatan bimbingan belajar ini, pengurus DKM berharap anak-anak di wilayah sekitar dapat mengatasi kesulitannya dalam belajar dan juga dapat mengisi waktu dengan lebih produktif.

Reporter: Hasna Zahra Annabilah, Mahasiswa KPI/3B.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023