media sosial di era modern


Saat ini masa pandemi berlangsung maka orang-orang hanya memanfaatkan media sosial untuk belanja,komunikasi antar orang jauh, kerja, sekolah dan aktivitas lainnya. Dengan begitu penting memerhatikan dan mengawasi anak di bawah umur. Karena apabila tidak begitu hal yang tidak di inginkan pun bisa saja terjadi.

Media sosial menjadi sesuatu yang tidak dapat di pisahkan di dalam kehidupan sehari-hari banyak manfaat yang dapat kita ambil tetapi pasti ada juga hal negatif tergantung kita yang menyikapi. Apabila bijak dalam menggunakannya tidak akan terjadi hal yang tidak di inginkan. Banyak sekali masyarat yang tidak memahami UU ITE.

Banyak sekali kasus-kasus akibat dari kurang bijaknya dalam menggunakan sosial media seperti maraknya kasus prostitusi di bawah umur , masyarakat kecanduan menonton hal yang negatif , banyak beredar berita hoax, dan masi banyak hal negatif lainnya. Dengan begitu harus pintar-pintar dalam menggunakannya.

Memang media sosial adalah tempat untuk bebas berkarya, bebas berpendapat , sesuai keinginan hati kita. Akan tetapi kita harus menerima resiko yang akan terjadi , seperti kita curhat di media sosial nah pasti ada saja orang yang menghujat apa yang kita lontarkan di media sosial maka dari itu kita harus siap mental. Berani berbuat berani bertanggung jawab.

Jangan sampai ketika ada serangan netizen mengenai postingan kita , kita malah down atau menyalahkan diri sendiri. Karena setiap orang mempunyai hak atas dirinya dan kita selaku netizen apabila menemukan hal tersebut pamdai-pandai lah menjaga perasaan orang lain. Karena jika tidak tahu berapa berat ujian yang telah dia hasapi.

 

Resi Tri Rahayu S

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023