pentingnya toleransi di dalam kehidupan


Indonesia mempunyai banyak sekali ragam budaya dan adat, mempunyai enam agama resmi yaitu islam,khatolik,protestan, budha,hindu,khonguchu dan agama terbanyak di indonesia yaitu agama islam dengan jumlah 229 juta lebih manusia. Namun dengan keragaman budaya , adat , dan agama menjadi penyebab awal terjadinya konflik di indonesia.

Kita sebagai manusia di beri akal dan sehat dan itu salah satu penyebab yang membedakan kita dengan makhluk hidup lainnya. Sehingga kita dapat mengetahui mana yang baik dan yang kurang baik. Karena apabila kita tidak menggunakan akal kita sama saja seperti binatang. Itulahh gunanya akal yang diberikan Tuhan.

Sebagai manusia kita wajib mempunyai kepercayaan terhadap sang pencipta. Tidak ada paksaan dalam memilihnya karena seperti di dalam Al-Qur'an terdapat ayat yang menjelaskan tentang beragama yaitu yang artinya " untukmu agamamu dan untukku agama". Demikian ayat yang berkaitan tentang agama , jadi di dalam setiap agama pun tidak ada unsur keterpaksaan.

Toleransi biasa diartikan dengan saling menghormati dan menghargai antar sesama kelompok maupun individu yang berbeda keyakinan, budaya dan yang lainnya. Sikap toleransi ini menghindari kita dari deskriminasi, karena setiap kepala berbeda pikiran dan kita tidak bisa memaksa orang lain untuk memiliki pikiran yang sama seperti kita.

Dengan seiringnya bertambah usia semakin banyak juga kita mendapat relasi pertemanan sehingga kita menemukan banyak perbedaan dari setiap individu, dengan begitu kita harus menjunjung tinggi sikap dalam bertoleransi dalam kehidupan sehari-hari. Karena pasti saja berbeda sudut pandang dalam setiap permasalahan.

 

Resi Tri Rahayu S

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023