Otong Ahmad Fathoni, Kepala Sekolah SMA Dahulu, Ketua DKM Kemudian

Dakwahpos.com, Bandung – Dr. H. Otong Ahmad Fathoni, MBA, M.Ag, atau yang masyarakat biasa menyebutnya pak haji otong, lahir di Ciamis pada tahun 1954 dan sekarang menginjak umur 69 tahun. Beliau merupakan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al-Hasan Raya dari tahun 2020. Beliau mulai menetap di Bandung dari tahun 1979.

Bapak Otong Ahmad Fathoni ini dulunya menjabat sebagai guru PNS di SMAN 1 Labuan yang kemudian naik pangkat menjadi kepala sekolah SMAN 3 Labuan, sekarang menjadi SMAN 1 Pandeglang. Setelahnya beliau terus di mutasi diberi kepercayaan menjadi kepala sekolah di SMAN 1 Cisarua, SMAN 1 Margahayu Sulaiman, SMAN Cileunyi, sampai SMAN di Rancaekek. Setelah ditugaskan di Rancaekek itu akhirnya pensiun.

"Saya dulu PNS, Pegawai Negeri Sipil. Kebetulan saya kepala sekolah SMA. Awalnya saya kepala sekolah di SMA Negeri 3 Pandeglang. Kemuidan darisana saya di mutasi, diberi kepercayaan untuk memegang SMA Negeri Plus 1 Cisarua. Setelah itu saya di mutasi lagi jadi Kepala SMA Negeri 1 Margahayu Sulaiman. Dari Margahayu saya dipindah lagi ke Cileunyi. Dari Cileunyi saya pindah ke Rancaekek, lalu saya pensiun." Ucap Bapak Otong Ahmad Fathoni.

Selain pernah menjabat sebagai kepala sekolah SMA, beliau juga punya pengalaman mengajar di perguruan tinggi. Beliau pernah mengajar di Fakultas Tarbiyah di Sekolah Tinggi Agama Islam Tasikmalaya. Kemudian ketika pindah ke Bandung, beliau sempat mengajar di Akademi Akuntansi Bandung, yang sekarang berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Akuntansi Bandung. Dan beliau juga pernah mengajar di Institut Teknologi Bandung. Dan yang terakhir beliau pernah mengajar di Universitas Islam Nusantara.

"Kalau pengalaman mengajar di perguruan tinggi, saya ngajar di Tarbiyah di STAI Tasik. Ketika saya pindah ke Bandung, selesai dari IAIN Bandung, saya pernah ngajar di A2B, Akademi Akuntansi Bandung, sekarang menjadi STAB, Sekolah Tinggi Akuntansi Bandung. Saya pernah ngajar di ITB juga. Dan yang terakhir di Uninus." Sambung Bapak Otong Ahmad Fathoni.

Selama menjabat sebagai Ketua DKM, beliau mengungkapkan tidak pernah mengalami kesulitan dan hambatan saat menjalankan amanahnya tersebut. Kalaupun ada kesulitan, itu hanya kesulitan kecil yang biasa dialami oleh ketua-ketua apapun.

Beliau menjadi Ketua DKM mulai dari tahun 2020. Jabatan Ketua DKM berlangsung selama 3 tahun. Beliau mengungkapkan bahwa kemungkinan Bulan Desember nanti sudah berganti Ketua DKM, karena masa periodenya sudah habis. Meskipun sekarang sudah pensiun, beliau masih mampu untuk memegang amanah menjadi Ketua DKM Al-Hasan Raya. Beliau menggunakan waktu pensiunnya untuk fokus mengurus masjid yang telah diamanahi kepadanya.

Reporter : Asy Syifa Nurul I. KPI/3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023