Khotbah Jumat Masjid Al-Karomah Jatiroke: Pentingnya Berbakti Pada Orang Tua

Dakwahpos.com, Bandung –Masjid Al-Karomah di Jl. Letda Lukito, Jatiroke, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Jumat (01/12/2023). Khotbah tersebut disampaikan oleh ustaz Wahyudin yang membahas mengenai pentingnya berbakti pada orang tua.

Mengawali khotbahnya khatib bercerita tentang tiga orang yang melakukan amal saleh, yang mana perbuatan tersebut dapat mempermudah seseorang ketika dalam keadaan sulit atau susah, amalan tersebut yakni menghindari zina, ketulusan sedekah dan berbuat baik kepada orang tua.

"Salah satu yang penting dalam peristiwa tersebut adalah amal saleh kepada orang tua karena dengan amal saleh tersebut mereka dapat selamat dari musibah," tegasnya.

Berbuat baik kepada orang tua merupakan kewajiban anak. Dan kewajiban tersebut telah diperintahkan oleh Allah Swt dalam Al-Qur'an dan Rasullah saw dalam hadisnya. Bahkan dalam Al-Qur'an dijelaskan bahwa kewajiban berbuat baik pada orang tua setelah kewajiban menyembah kepada Allah Swt.

"Sesuai yang diterangkan dalam Al-Qur'an surat An-Nisa ayat 36 yang artinya sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukannya dengan sesuatu apa pun dan berbuat baiklah kepada orang tua," tambahnya.

Berbakti kepada orang tua tidak hanya ketika mereka berdua masih hidup, tetapi saat keduanya telah tiada pun, tetap bisa berbakti kepadanya. Bisa dengan harta benda, bacaan Al-Qur'an atau doa-doa yang mana amalan tersebut dikhususkan pada orang tua yang telah tiada.

Reporter : M. Khoirul Hidayat KPI 3 B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023