Ustaz Riyan :Soroti Kisah Hijrah Pertama Rasul ke Ethiophia

Dakwahpos.com.Bandung - Ustaz DR.H Riyan,MA. mengisi kajian sirah nabawiyah di Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq yang terletak di Griya Cempaka Arum,Rancanumpang,Gedebage Bandung pada hari minggu (19/11/2023) ba'da Maghrib. 
 
Dalam kajian sejarah ini Ustadz Riyan menyoroti kisah hijrah pertama Rasulullah SAW dari Mekkah ke Ethiophia,hijrah ini dilaksanakan pada bulan Rajab tahun ke-5 kenabian. Rombongan hijrah itu terdiri dari 16 sahabat Nabi (12 orang laki-laki dan 4 orang wanita), dikepalai oleh Utsman bin Affan ra yang membawa serta Ruqayyah putri Rasulullah.

"Alasan mengapa Rasulullah memilih tempat tersebut karena disana dipimpin oleh raja yang amat adil dan ramah dalam menerima tamu, Raja yang adil itu adalah Raja Najasyi."paparnya.

Ustaz Riyan juga menjelaskan suatu ketika penguasa Mekkah mengutus utusannya untuk menghadap Raja Najasyi agar mengusir Nabi Muhammad dan para sahabatnya dari Habasyah, namun sang Raja menaggapinya dengan sangat adil. Bahkan Raja Najsyi dikabarkan juga masuk Islam setelah itu.

Ustaz Riyan kemudian melanjutkan kajiannya dengan mengisahkan tentang tahun-tahun kesedihan Rasulullah (Amul Azmy). Yakni tahun dimana beliau ditinggal oleh orang-orang yang terdekatnya."Kesedihan yang dialami Rasulullah saat itu yang pertama adalah karena meninggalnya paman beliau Abdul Muthalib, hal itu sangat meremukkan hati Rasulullah. Kedua Khadijah yang meninggal dalam keadaan tidak punya apa-apa karena seluruh harta kekayaannya sudah dihibahkan di jalan Allah" ,jelasnya.

Sebagai penutup Ustadz Riyan menitipkan pesan kepada para hadirin agar selalu sabar dan tabah dalam menjalani kehidupan,karna seorang nabipun ditimpa dan tempa bertubi-tubi dengan ujian yang banyak.Namun sikap sabar dan tabah kita dalam menyikapi setiap ujian pasti akan membawa kita kearah yang sedikit demi sedikit mendekatkan kita pada Allah Swt. 

Reporter,Sekar Arum Suhansa 3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023