Ustaz Iwan: Setiap Hidup Manusia Harus Karena Allah SWT

Dakwahpos.com, Bandung - DKM Istiqomah Cinunuk melaksanakan Salat Jumat berjamaah pada Jumat, (27/10/2023). Pada Salat Jumat kali ini imam sekaligus khatib diisi oleh Ustaz Iwan Ridwan, M.Pd., dengan tema "Tujuan di Utusnya Manusia di Dunia".

Dalam khotbah ini Ustaz Iwan menjelaskan bahwa tujuan Allah Swt. mengutus manusia ke alam dunia ini yaitu menjadi makhluk yang ikhlas dalam melaksanakan berbagai aturan yang Allah Swt. beri. Beliau lanjut menerangkan ikhlas mudah di ucapkan, tetapi ikhlas akan sulit ketika manusia mengimplementasikan dalam kehidupan.

"Salah satu bentuk bacaan Doa Iftitah diantara kita senantiasa dalam Iftitah kita yaitu Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil 'aalamiin. Ketika kita berkata Inna shalaati 'sesungguhnya sholat ku', wa nusukii 'dan ibadahku', wa mahyaaya 'dan hidupku', wa mamaatii 'dan matiku', lillaahi rabbil 'aalamiin 'itu hanya karena Allah tuhan semesta alam'. Itu menandakan bahwa kita siap diperintah oleh Allah Swt.," ucap Ustaz Iwan.

Khatib menjelaskan secara asbabun nuzul kejadian, manusia meyakini bahwa di alam roh seluruh manusia bersaksi bahwa Allah Swt. adalah tuhan manusia. Setelah empat bulan dalam kandungan manusia dimasukkan oleh Allah Swt. berupa roh dan jadilah manusia seperti sekarang. Maka tiada lagi yang harus dilakukan kecuali melakukan seluruh hidupnya untuk Allah Swt.

"Jangan-jangan ibadah yang kita lakukan hanya formalitas saja, atau mungkin kita melaksanakan sholat kita membaca bacaan sholat tapi kita tidak paham atas apa yang kita ucapkan. Saat Allah Swt. telah mengambil sumpah kita, saat kita dititip roh oleh Allah Swt. kepada tubuh kita, dan entah kapan roh kita ditarik dari tubuh kita, maka kita harus senantiasa memperbaiki setiap hidup kita agar semuanya karena Allah Swt," ujar Ustadz Iwan dalam khotbahnya.

Di akhir khotbahnya Ustaz Iwan memberikan pesan kepada para jemaah khotbah yang hadir meskipun para jemaah pekerjaannya ada sebagai office boy, sebagai guru, atau yang lainnya semuanya harus karena Allah Swt. Maka camkan didalam setiap sholat bahwa umat Islam harus menerima atas apa yang diperintahkan oleh Allah Swt. supaya selamat dunia dan akhirat.

Reporter: Akmal Ridwan, KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023