Agar Generasi Muda Tak Buta Huruf, DKM Baitul Muttaqien Cinunuk Dirikan Madrasah Diniyah

Dakwahpos.com, Bandung - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitul Muttaqien Cinunuk menyelenggarakan pengajian anak-anak melalui Madrasah Diniyah Takmiliyah yang dipimpin oleh Drs. H. Suherman. Pengajian ini bertujuan untuk memberikan pendidikan agama terkhusus Al-Qur'an kepada anak-anak sekitar sebagaimana yang diungkapkan beliau dalam wawancara pada hari Rabu (01/11/2023).

"Madrasah ini didirikan untuk memberikan pendidikan agama pada warga sekitar khususnya anak-anak agar generasi muda tak buta huruf Al-Qur'an. Mereka terdiri dari jenjang TK hingga SD dengan menggunakan kurikulum Departemen Agama dengan memberdayakan ustaz dan ustazah yang berkompeten," ungkap Drs. Suherman selaku Kepala Madrasah.

Pengajian ini sudah berjalan rutin setiap harinya mulai dari hari Senin hingga hari Jumat, yang dimulai pada pukul 17.00 WIB sampai dengan sebelum maghrib. Mereka tidak hanya mengaji Al-Qur'an, tetapi juga mempelajari ilmu-ilmu lain seperti Hadis, Fikih, Bahasa Arab dan ilmu-ilmu agama lainnya.

"Mereka disini bukan hanya mengaji Al-Qur'an, tapi juga diselingi dengan pembelajaran ilmu-ilmu lain seperti Hadis, Akhlak, Fikih, Tarikh Islam, Akidah, dan juga Bahasa Arab," ujar Drs. Suherman.

Kegiatan pengajian ini diawali dengan membaca surah Al-Fatihah dan doa belajar secara bersama-sama, kemudian baru dilanjutkan dengan menulis materi yang diberikan oleh ustaz/ustazah. Setelah itu, anak-anak dipanggil satu-persatu untuk disimak bacaan Al-Qur'an-nya dan diperbaiki jika ada kesalahan membaca sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid. Setelah itu, kegiatan pengajian diakhiri dengan doa penutup.


Reporter: Muhammad Syahru Ramadhan, KPI 3/B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023