Ustaz Hendra: Islam Adalah Agama Cinta Perdamaian

Dakwahpos.com, Bandung - Ustaz Hendra Menjelaskan bahwasannya Islam adalah agama yang rahmatan lil 'alamin, yaitu agama yang toleran dan cinta kedamaian pada khotbah Jumat, (24/11/2023) di Masjid Al-Maghfiroh Cipadung.

"Islam adalah agama yang mengajarkan perdamaian dan cinta kasih. Kata Islam sendiri berasal dari kata "aslama" yang artinya berserah diri kepada Allah Swt. Seorang muslim adalah orang yang berserah diri kepada Allah Swt. dan menaati segala perintah dan larangan-Nya," ujar Ustaz Hendra.

Salah satu ajaran utama Islam adalah rahmatan lil'alamin, yang berarti rahmat bagi seluruh alam. Islam mengajarkan umatnya untuk hidup damai dan berdampingan dengan semua makhluk ciptaan Allah Swt. termasuk sesama manusia, hewan, dan tumbuhan.

"Sejatinya, Islam mengajarkan umatnya untuk mengutamakan perdamaian dalam menyelesaikan konflik. Jika terjadi konflik, umat Islam dianjurkan untuk berusaha menyelesaikannya secara damai melalui dialog dan negosiasi. Kekerasan hanya boleh dilakukan sebagai upaya terakhir ketika semua upaya damai telah gagal," ujar Ustaz Hendra

Selain itu, Islam mengajarkan umatnya untuk menghormati hak asasi manusia, termasuk hak orang yang berbeda agama atau kepercayaan. Umat Islam dianjurkan untuk hidup berdampingan secara damai dengan pemeluk agama atau kepercayaan lain.

Reporter: Bakti Ridwan Nur KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023