Habiskan Dana Tujuh Ratus Juta, Beginilah Kisah Perbaikan Masjid Baitul Hikmah Cipadung

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Baitul Hikmah terletak di kawasan komplek Easternhiils Cipadung,  Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Menurut Drs. Rajim Komarudin Ibrahim selaku DKM pertama Baitul Hikmah, ia mengatakan bahwa perbaikan Masjid Baitul Hikmah hingga seperti sekarang kurang lebih menghabiskan dana sebesar tujuh ratus juta rupiah. Perbaikan tersebut meliputi desain bangunan bernuansa modern juga perbaikan dan pembangunan bagian lainnya, seperti perbaikan mihrob, pembangunan lantai dua masjid, ruang takmir masjid, ruang buku atau perpustakaan, selasar masjid, tempat wudu beserta Wc. 

Masjid ini berdiri sejak tahun 2008. Namun tidak dibangun oleh masyarakat easternhiils, melainkan oleh pihak pengembang atau developer komplek dengan bangunan masjid yang masih sederhana dan belum memiliki nama.  

Pada tahun 2009, barulah masjid ini diserahkan oleh pihak developer kepada masyarakat yang sudah mendiami Komplek Easternhiils. Dan di tahun itulah masyarakat mulai melakukan perbaikan termasuk memilih nama masjid sesaat setelah dibentuknya Lembaga Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). 

Dibalik perbaiakan Masjid Baitul Hikmah ini, Rajim selaku DKM pertama yang turut membersamai prosesnya, menceritakan pengalaman luar biasa yang ia dapat mengenai jiwa dermawan para jamaahnya saat meminta partisipasi agar turut menyumbang dana bagi perbaikan masjid. 

“ Yang saya alami sendiri ketika menjadi DKM pada saat saya membangun masjid ini, rehab dan lain sebagainya, ketika saya sampaiakan langsung pada orang perorang, orang itu akan bayar semua. Kata saya jangan, sisakan untuk yang lain, agar mereka bisa bersedekah juga. Mereka bilang ‘sudah pak biar sama saya saja semua uangnya’, kata saya jangan, kenapa ? karena saya tidak mau nantinya masjid ini terbangun dari dana beberapa orang jamaah saja. Maka saya sebarkanlah proposal agar semuanya bisa berpartisipasi”, papar Rajim. 

Pemilihan Baitul Hikmah yang dijadikan nama bagi masjid kawasan Komplek Easternhiils ini didapat dari suara terbanyak masyarakat, mendominasi beberapa nama lainnya, yaitu At-Takwa, Al-Ihklas, Al-Kautsar dan At-Taubah.


Kini Masjid Baitul Hikmah  sudah selesai diperbaiki dan ramai dengan berbagai kegiatan, mulai dari  orangtua, remaja sampai anak anak. Tidak hanya untuk masyarakat Komplek Easternhiils saja, masjid ini pun seringkali digunakan masyarakat  pada umumnya, seperti digunakan untuk salat Jumat, dimana jamaah diluar Komplek Easternhills turut melakukan salat Jumat di masjid ini.  


Reporter : Sri Wulandari 3/D 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023