Masjid Al-Arief, Masjid Tiga Lantai di Tengah Lingkungan Rumah Warga

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Al-Arief yang beralamat di Jl. Kebon Bibit Utara II No. 22 RT. 04/RW.05 kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung wetan kota Bandung, yang berada di tengah-tengah rumah warga RW.05, masjid ini memiliki tiga lantai dan sering di kunjungi oleh warga setempat. 

Awal mula masjid ini di bangun hanya sebatas tajuk saja yaitu pada tahun 1957, tanahnya yang di wakafkan oleh seseorang perempuan biasa di panggil mamah Arief, sehingga nama masjid ini masjid Al-Arief, bermula luas masjid ini 8×10 meter, dan masjid ini adalah masjid yang pertama kali yang di bangun di wilayah Tamansari dan Balubur. Dan pada tahun 1970 pertama kali diadakan Salat jumat bejemaah. 

"saya saat kecil melihat masjid Al-Arief itu sering banyak di kunjungi, karena tidak ada masjid lain yang ada di wilayah Tamansari atau Balubur, apalagi para mahasiswa ITB, UNISBA, dan UNPAS sering kali mereka kerap beribadah di sana, dan ketika saya SMP saya aktif mengikuti kegiatan" ujar Sjafrudin ketua DKM Masjid Al-Arief saat ini. 

Seiring berjalannya tahun ke tahun, masjid ini walaupun berada di tengah kerumunan rumah warga setempat, tapi sering kali ramai di kunjungi, karna sudah banyak orang yang mengunjungi, akhirnya pada tahun 2010 di renovasi selama tujuh tahun lamanya, berawal satu lantai menjadi tiga lantai. 

"Selama proses renovasi masjid memang membutuhkan waktu yang lama, karna masjid ini berada di tengah rumah warga dan jauh dari jalan umum, belum lagi ada waktu yang tidak di pakai untuk bekerja pada tujuh tahun itu, di jeda selama setahun karna kendala dari para pekerja" ucap Sodikin  selaku warga 

Setelah lamanya di renovasi, selesai pada tahun 2017 masjid ini menjadi tiga lantai dan luasnya 8×16 meter, bahkan kerap kali pengunjung seta tamu-tamu seperti polisi, pejabat, dan yang lainnya beribadah di sana dan ikut kegiatan pengajian rutin bersama masyarakat. Masjid yang berawal dari tajuk kecil kini menjadi masjid tiga lantai yang berada di tengah kerumunan rumah warga RW.05 Tamansari Bandung.
 
Reporter : Dafiansyah Andi Ghiffari (KPI 3A)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023