Salurkan Bakat Siswa Melalui Berbagai Media Pembelajaran


Dakwahpos.com, Bandung - Pondok Pesantren Ainul Yaqin adalah Pesantren yang berbasis Qur'an. Tak hanya itu, Pesantren Ainul Yaqin ini juga mengutamakan akan keterampilan dan pendidikan karakter siswa. Pesantren Ainul Yaqin berada di Kp.Landean Girang, Desa Sukamukti Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Saat ini Pesantren Ainul Yaqin sedang melakukan Penilaian Akhir Semester Ganjil, pada hari Sabtu (25/11/23). 

Pendidikan memanglah penting, bahkan dengan pendidikan kita mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pendidikan merupakan pintu pertama sebuah peradaban. Maka dari itu perlu kita tanamkan rasa keingintahuan siswa terhadap ilmu, tanamkan kepada mereka bahwa pendidikan itu penting bagi semua kalangan.

"Pendidikan itu penting, namun yang membuat kita mampu adalah ketika kita terus berlatih dan mengasah bakat yang kita miliki. Disini kita menerapkan pendidikan tidak dengan cara memaksa atau bahkan menekan siswa," ujar Ustaz Ziyan

Adapun Umi Mae selaku asatizah mengatakan bahwa ketika kita melakukan aktifitas pembelajaran, maka libatkan siswa dalam proses pembelajaran tersebut sehingga mereka bisa berperan dan tidak hanya sebagai pendengar saja. Saat ini siswa Ainul Yaqin sedang melakukan kegiatan pembelajaran melalui media, salah satu nya adalah membuat miniatur dengan menggunakan stik eskrim dalam mata pelajaran prakarya. 

Mereka diberikan kebebasan untuk berekspresi dan meluahkan kekreatifitasannya dalam mengolah dan membuat miniatur tersebut. Miniatur yang mereka buat salah satunya ada miniatur rumah, gazebo, dan monumental monas yang sangat terkenal sampai saat ini.

Kita memberikan fasilitas pendidikan dengan menggunakan media pembelajaran yang ada disekitar kita. Namun dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, maka kita bisa menyalurkan minat dan bakat mereka. 


Reporter : Siti Nabilatul Zahro Salsabila KPI/3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023