Khotbah Jumat YPSI Muhammad Iqbal: Ibadah Sebelum Doa

Dakwahpos.com, Cimahi - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) YPSI Muhammad Iqbal  di Cibabat menyelenggarakan Salat Jumat dengan penekanan pada khotbah yang mengupas makna ibadah dalam pemohonan pertolongan dan kesadaran. Ustaz Mimip Miftahul Hidayah S.Ag. telah dipilih sebagai Khatib yang akan memberikan khotbah (20/10/2023).

"Hanya kepada Allah lah kita beribadah, dan hanya kepada Allah lah kita memohon pertolongan,. Maka tersusunlah pola bagi seorang hamba bahwa harus beribadah dulu lalu meminta," buka Khatib dengan mengutip ayat di surah Al-Fatihah.

Khatib menjelaskan bahwa konsep ibadah jika dimaknai secara luas, maka ibadah melingkupi segala aktivitas sehari-hari  manusia, . Oleh karena itu, ibadah tidak hanya terbatas pada sedekah, salat, dan puasa, tetapi juga mencakup tindakan-tindakan sehari-hari, seperti ketika seorang siswa pergi belajar atau seorang suami mencari nafkah.

"Sempunakan dulu ibadah lalu berdoa meminta tolong kepada Allah karena penyempuranaan ibadah (ikhtiar) akan menjadi tonggak untuk kemantapan dalam doa, akan menjadi pondasi yang kokoh untuk doa-doa yang kita panjatkan." ucap Khatib.

Selanjutnya, Khatib menyampaikan kepada jamaah bahwa mereka akan merasa malu jika mereka meminta bantuan, seperti tinta, tanpa pernah belajar atau meminta rizki tanpa pernah bekerja. Oleh karena itu, kita harus maksimalkan upaya atau ikhtiar kita, dengan syarat bahwa ibadah adalah landasan utamanya.
 
"Sungguh lucu jika andai kata ada seseorang yang tidak pernah melaksanakan salat, puasa, atau berbuat kebaikan, lantas ia meminta rida Allah Swt. Seandainya hal seperti itu terjadi pada kita, mari kita berlindung agar tidak terjatuh dalam kondisi seperti itu," pungkas Khatib.

Reporter : Muhammad Fahmi Abdulhafizh / KPI 3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023