Khotbah Jumat YPSI Muhammad Iqbal Cibabat Bahas Makna Kesabaran

"Sabar berawal dari sebuah luka. Kadang kita memaknai sebuah kesalahan dalam tangis, kesakitan, bahkan kelemahan. Bisa jadi semakin menguatkan langkah kita dalam menyambut setiap kejutan, hingga akhirnya mengerti bahwa di balik semua air mata yang pernah tertumpah, ternyata Allah ingin menghantarkan pada episode lain yang tak pernah terkira keindahannya," ucap Khatib mengawali khotbahnya.

Selanjutnya, Khatib mengajak jamaah untuk tidak menyalahkan keadaan saat menghadapi kesulitan dan kesakitan dalam hidup. Sebaliknya, mereka diajak untuk bersabar dan melihatnya sebagai bagian dari rencana yang lebih besar yang mungkin sulit dipahami pada awalnya, dengan keyakinan akan peran Allah atau kekuatan yang lebih tinggi dalam mengarahkan hidup kita menuju yang lebih baik.

"Pada akhirnya, setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah akan menjaganya. Dan barangsiapa berusaha merasa cukup, maka Allah akan mencukupinya. Dan barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar. Tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran," pungkas Khatib dengan membacakan HR. Bukhari No. 1469.

Reporter : Muhammad Fahmi Abdulhafizh, KPI 3/C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023