Salat Khusuf Di Masjid Al-Munawwarah Pasirlayung: Allah Sedang Mendemonstrasikan Kekuasaanya

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Al-Munawwarah di Kelurahan Pasirlayung ini menyelenggarakan Salat Khusuf atau Salat yang dilakukan saat gerhana bulan. Minggu (29/10/2023).

Salat Khusuf di Masjid Al-Munawwarah ini dilaksanakan pada pukul 03.30 WIB, dengan diawali dengan salat 2 rakaat dengan rukuk 4 kali dan sujud 4 kali. Lalu setelahnya dilanjutkan dengan Khutbah yang diisi oleh Ustaz Ano Suparno. Masjid Al-Munawwarah melaksanakan Salat Khusuf tepat di hari terjadinya gerhana bulan pada hari Minggu (29/10/2023).

"Terjadinya khusuf itu, Allah SWT. sedang memdemonstrasikan kekuasaannya terhadap manusia, bisa dilihat berdasarkan Surat Al-Qasas ayat 70 dan 71 yang menjelaskan betapa Allah SWT. Maha Berkuasa untuk mengazab manusia yang durhaka atau menentang kekuasaan Allah SWT. oleh karena itu orang yang beriman diajarkan dengan kejadian gerhana ini untuk belajar tunduk kepada Sang Pencipta." Ucap Ustaz Ano dalam khutbahnya.

Tujuan dilaksanakannya salat gerhana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tujuan lain dilakukannya salat gerhana juga untuk memperlihatkan tunduk dan taat kepada Allah SWT. Karena itu Umat Islam melakukan salat gerhana untuk tunduk kepada Allah SWT. dengan tanda-tanda alam yang Allah SWT. tunjukan kepada manusia.

"Kemudian ada cara untuk menyikapi ketika terjadinya gerhana, antara lain melaksanakan kegiatan berikut, yang pertama mengumandangkan Takbir, kedua melaksanakan salat gerhana, terus yang ketiga bersedekah, dan yang keempat memperbanyak Istigfar itulah cara menyikapi ketika terjadi gerhana secara syariat."  Ucap Ustaz Ano.

Reporter: Gisna Salima. KPI/ 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023